10 Manfaat Berenang Untuk Kesehatan

By | October 26, 2018

Apakah Anda setuju dengan pernyataan bahwa berenang adalah olahraga yang ekonomis dan menyenangkan? Berenang juga memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama jika dilakukan secara teratur. Laporan dari berbagai media, berikut 10 manfaat kesehatan renang yang bisa Anda pertimbangkan untuk olahraga teratur. Periksa!

10 Manfaat Berenang


1. Meningkatkan kekuatan otot dan tulang
Bagi mereka yang melakukan rutinitas yang kebanyakan duduk di sekolah atau di tempat kerja, berenang dapat digunakan sebagai olahraga teratur, Anda tahu. Dengan berenang, otot dan tulang menjadi lebih kuat karena semua otot akan bergerak dan terbentuk sepenuhnya. Anda tidak bisa menggerakkan seluruh tubuh Anda hanya dengan mengayuh atau berlari.


2. Jantung dan paru-paru sehat
Pergerakan selama berenang dapat membuat aliran darah lebih lancar dan pernapasan alami akan dilatih menjadi lebih kuat dan lebih lama. Studi dari Jurnal Fisiologi dan Farmakologi India menemukan bahwa perenang memiliki jumlah udara yang masuk dan keluar paru-paru lebih baik ketika mereka bernapas rileks daripada pelari.

3. Selain pelatihan kardio
Berenang mengharuskan Anda terus bergerak. Jika tidak, Anda bisa tenggelam. Nah, gerakan berkelanjutan ini adalah latihan kardio.


4. Menurunkan berat badan
Bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, berenang secara teratur. Berenang selama setengah jam, mereka akan membakar setidaknya 200-300 kalori dalam tubuh. Tetapi semua ini harus didukung oleh gaya hidup sehat lainnya.


5. Tingkatkan tinggi
Membiasakan diri berenang selama masa pertumbuhan sangat membantu meningkatkan tinggi badan. Berenang sangat berguna untuk melatih otot dan pertumbuhan tulang.

6. Singkirkan stres dan depresi
Mungkin Anda tidak menyadari bahwa menyentuh hati Anda akan terasa lebih tenang. Di atas semuanya dengan berenang, Anda akan merasa rileks dan suasana hati akan meningkat. Selama berenang, otot akan mengalami peregangan dan relaksasi, disertai dengan teknik pernapasan simultan. Itulah sebabnya berenang dapat menghilangkan stress dan depresi.

7. Tingkatkan keseimbangan
Berenang seimbang. Kedua tangan dan kaki bergerak, mengembangkan otot-otot perut dan punggung bawah. Berenang juga dapat membantu meregangkan serabut otot dan ligamen. Umumnya, orang yang berenang secara teratur memiliki keseimbangan yang stabil.


8. Kurangi risiko diabetes
Risiko diabetes dapat dikurangi karena berenang dapat membakar kalori, lemak dan gula. Berenang tiga kali seminggu dengan masing-masing 30 menit, kalori yang dibakar bisa mencapai 900 kalori. Ini benar-benar memungkinkan Anda untuk bebas dari diabetes.


9. Menjadikannya muda
Berenang bisa membuat Anda tetap bugar di usia tua dan bisa lebih lama. Menurut penelitian Indiana University, berenang mempengaruhi tekanan darah, kadar kolesterol dan kesehatan jantung dan pembuluh darah, kesehatan sistem saraf pusat, fungsi kognitif, massa otot, kimia darah lebih identik ditemukan pada orang yang lebih muda. Dan jika Anda berenang secara teratur, Anda akan terlihat lebih muda dari 20 tahun kemudian di usia tua Anda.

10. Mendidik otak
Menurut sebuah penelitian di Journal of Physiology, aliran darah ke otak meningkat menjadi 14% ketika seorang pria terjun ke dalam air jantungnya. Mereka mengatakan bahwa tekanan air di rongga dada terkait dengan itu.

Nah, sudah jelas sekarang? Bagaimana? Apakah Anda ingin melakukan latihan rutin untuk diri sendiri? Tunggu sebentar, olahraga ini harus dibarengi dengan gaya hidup sehat dan diet sehat, sehingga manfaatnya adalah yang terbaik. Semangat hidup sehat

Baca Juga :