Contoh dan Software Pembuat Media Pembelajaran Interaktif

By | October 28, 2018

Contoh dan Software Pembuat Media Pembelajaran Interaktif yang Harus Diketahui Guru

Apa itu tempat pembelajaran?
Kata “media” secara umum sanggup diambil kesimpulan sebagai alat/perantara yang digunakan untuk menyalurkan suatu objek dari satu tempat/pihak ke tempat/pihak yang lain.

Kaitannya dengan kesibukan studi mengajar (KBM) di kelas, kami mengenal yang namanya tempat pembelajaran. Media pembelajaran adalah alat bantu yang sanggup menjabarkan pesan atau informasi dari guru ke siswa yang mempunyai tujuan mempermudah sistem pembelajaran. Dengan dimanfaatkannya tempat pembelajaran saat KBM, dikehendaki pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sanggup terangsang supaya terhadap kelanjutannya siswa sanggup terima dan memahami informasi (materi) dari guru dengan baik.

Pengertian Media Pembelajaran Interaktif
Kata “interaktif” secara umum punya makna komunikasi dua arah atau lebih dari komponen-komponen komunikasi. Lebih simpelnya, “interaktif” artinya komunikasi aktif antara komunikator dan komunikan. Tidak ada satu pihak yang pasif.

Media Interaktif secara umum mengacu terhadap terhadap product multimedia dan sarana digital terhadap system IT yang merespon tindakan pengguna dengan menyajikan konten audio, konten visual maupun konten audiovisual.

Maka sesudah itu kami sanggup menarik asumsi bahwa pengertian Media Pembelajaran Interaktif adalah alat bantu berbasis multimedia yang sanggup menjabarkan pesan atau informasi dari guru ke siswa yang di dalam prosesnya berjalan komunikasi aktif dua arah antara multimedia dengan pengguna (siswa) yang mempunyai tujuan mempermudah sistem pembelajaran.

Jenis Media Pembelajaran Interaktif
Di jaman digital layaknya saat ini ini, guru sesungguhnya enteng sekali untuk sanggup meraih tempat pembelajaran interaktif. Guru sanggup mencari di internet dan sanggup memanfaatkan multimedia interaktif selanjutnya secara gratis maupun berbayar. Ada 3 type tempat pembelajaran interaktif yang sanggup dengan enteng ditemukan di internet, yakni multimedia pembelajaran interaktif berbasis e-learning, tempat pembelajaran web site pendidikan web site studi online, tempat interaktif berbasis software dan tempat studi interaktif berbasis aplikasi android.

Berikut kami jabarkan contoh-contoh tempat pembelajaran interaktif menurut type yang udah kami sampaikan sebelumnya.

Contoh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis E-Learning
Moodle : Moodle adalah tidak benar satu E-Learning berbasis PHP dan MySQL yang paling tenar . Memiliki fitur jadwal pembelajaran, program quiz, presentasi hasil karya. Moodle juga punya modul interaksi siswa dengan guru yakni chatforum, workshop atau survey.
Fedena : Fedena punya fitur lengkap untuk kesibukan pembelajaran sampai manajemen pendidikan di sekolah. Adanya klasifikasi akses login antara pendidik, tenaga kependidikan, siswa, orang tua dan manajemen lembaga pendidikan memicu Fedena menjadi alternative terbaik untuk membangun e-learning institusi satuan pendidikan.
Ilmukomputer : Ilmukomputer.com adalah e-learning berbasis komunitas yang menyediakan sumber studi tertentu pengetahuan computer di dalam bahasa Indonesia secara free.
Pesonaedu : Pesonaedu.com hadir sebagai e-learning tertentu matematika dan IPA. Kelebihan dari web site ini adalah menyediakan banyak materi yang disempurnakan dengan gambar animasi supaya lebih enteng dan menarik untuk dipelajari.
Fisikanet.lipi.go.id : Fisikanet keluaran LIPI ini merupakan e-learning tertentu pelajaran Fisika. Tersedia materi, latihan soal, histori dan ruang diskusi seputar mencari penyelesaian perihal pelajaran fisika.

Contoh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web / Situs Online
Zenius Education : Zenius Education adalah web site pembelajaran online yang menyajikan ragam materi pembelajaran merasa tingkat SD sampai SMA. Tersedia lengkap di dalam Bahasa Indonesia
Wikipedia : Wikipedia merupakan tidak benar satu web site pendidikan terbesar di dunia yang menyajikan beragam ulasan materi perihal makna kata, penjabaran sains, sejarah, biografi, profil Negara dan lain sebagainya.
Kelas Kita : Kelaskita merupakan web site penyedia beragam kursus bagi pengunjung. Beragam materi pembelajaran sampai materi pengetahuan umum ada di web site ini.
Wolfram Alpha : Wolfram Alpha merupakan portal sumber studi lengkap (dalam bahasa inggris) perihal matematika, statistika, astronomi, seni keterampilan dan lain-lain.
Music Theory : Di web site Music Theory menyediakan materi perihal pengenalan music dasar, ritmis, interval, chord, suara diatonis, dan lain-lain.
Wikihow : Wikihow adalah web site pencarian cara. Berbagai macam cara sanggup kami dapatkan disini.
Bing Map & Google Map : Bing Map dan Google Map merupakan web site studi online untuk melihat peta dunia secara nyata.
Bing Search & Google Search : Situs yang hampir semua penguna internet mengetahui. Ya, inilah web site pencarian terpopuler di dunia.
Bing Translator : Bing Translator adalah web site yang sanggup diandalkan untuk menerjemahkan beragam bahasa.
Microsoft Photosynth : Situs untuk menjelajahi bangunan tenar dan area wisata terbaik dari beragam belahan dunia lewat tempat visual 3 dimensi.
Wordwide Telescope : Situs satu ini menghadirkan visualisasi nyata perihal astronomi.

Contoh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software
Rekentest : Software Pendidikan Gratis Untuk Praktek Keterampilan aritmatika dengan rancangan kuis.
Software Kalkulator Ilmiah Sicyon Lite : Software Kalkulator ilmiah dengan fitur formula yang amat lengkap.
Animals for Kids 2.1 : Software pendidikan berbasis flash card perihal ensiklopedia hewan secara lengkap.
Chinese Toolbox FREE 9.1.2 : Software Chinese Toolbox hadir sebagai alat bantu mempelajari bahasa china dengan baik merasa dari tingkat dasar.
ChemDigit :Software kalkulator kimia perihal perhitungan kimia lengkap.
Portable Balabolka 1.32.0.463 : Software Text-To-Speech yang bakal membuat perubahan bahasa tulisan ke bahasa lisan secara digital oleh komputer.
TinyPiano v0.8e : Software studi piano secara gratis lewat komputer.
Celestia Portable : Software untuk mempelajari perihal tatasurya secara cermat dengan fitur audio visual yang mumpuni.
Holy Quran Software 1.0 : Software Al-Quran Digital untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Anatomy Illustrator 1.0.0 : Software mempelajari perihal anatomi tubuh manusia lewat ilustrasi gambar yang detail.
BoneLab 1.0.3.4 : Software untuk mempelajari perihal rangka manusia lengkap dengan gambar dan keterangannya.
Smart Draw : Software untuk memicu rangkaian Listrik secara digital.
Kamus Inggris Indonesia : Kamus untuk menerjemahkan Bahasa Inggris –Indonesia secara digital.
Kamus Jawa Indonesia : Kamus untuk menerjemahkan Bahasa Jawa – Indonesia secara digital.
Software Mengetik dengan 10 Jari : Software untuk latihan mengetik dengan memanfaatkan 10 jari yang menarik untuk digunakan.

Contoh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android
Aplikasi KelasKita : Aplikasi ini hadir dengan banyak ragam kelas online yang sanggup diikuti. Setelah kami menentukan untuk ikuti suatu kelas, kami bakal meraih materi yang diberikan secara bertahap.
Aplikasi RuangGuru : Aplikasi ruangguru sangat mungkin kami untuk konsultasi perihal materi pembelajaran lewat chat maupun video call. Sehingga aplikasi ini sanggup dijadikan narasumber di dalam pembelajaran. Menarik kan?
Quipper : Aplikasi android berbayar ini menyediakan kumpulan soal lengkap. Bisa dijadikan alternative tempat pembelajaran interaktif latihan soal untuk siswa dan guru bakal mengoreksi dan menilai hasilnya.
Aplikasi Belajar Online Tryout UN SD : Bank Soal Latihan UN SD versi digital yang sanggup dimanfaatkan untuk mengukur kapabilitas siswa sebelum saat hadapi UN. Silakan dicoba.
CBT UN SMP : Mirip dengan aplikasi sebelumnya, hanya saja aplikasi ini untuk siswa SMP.
Star Chart : Aplikasi android perihal materi astronomi dan Tata Surya. Media pembelajaran alternative di dalam studi Sains.

Baca Juga :