Cara Merawat Landak Mini

By | November 26, 2018

Cara Merawat Landak Mini – Landak mini (hedgehog) adalah fauna yg menggemaskan. Tak heran apabila popularitasnya menjadi fauna peliharan semakin tinggi pada beberapa tahun ini. Landak kecil asal berdasarkan Negara Afrika, yang dikenal dengan nama African Pygmy Hedgehog. Landak kecil adalah binatang eksotik dari famili mamalia Erinaceinae. Mereka banyak ditemukan di Asia, Afrika, Eropa & Selandia Baru. Binatang peliharaan yg satu ini memiliki bentuk & tabiat yang lucu dan unik, sebagai akibatnya banyak orang yang menyukainya. Harga landak kecil tergolong murah, jenisnya pun beragam. Berikut cara merawat landak kecil

Kandang

Akuarium, kotak kayu atau kandang kucing dan anjing mampu digunakan sebagai kandang bagi landak kecil. Luas kandang harus diperhatikan agar bisa memfasilitasi landak pada beraktivitas. Kandang kucing atau anjing yang dikelilingi besi horizontal adalah pilihan yg baik. Lantaran memang landak mini suka memanjat. Jangan lupa memperhatikan lebar antar jeruji, karena apabila kebesaran landak kecil mampu kabur menurut sangkar. Kandang usahakan diletakkan di ruangan yang bersuhu antara 21-27 derajat celcius. Ruangan pula mempunyai penarangan yg cukup & peredaran udara yg baik. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan sangkar. Kandang sudah disiapkan, saatnya kita mengisi kandang menggunakan beberapa item yang diperlukan sang landak mini .

Serutan Kayu
Berfungsi menjadi alas di dalam sangkar. Membuat landak merasa hangat pada malam hari. Selain itu serutan kayu sanggup menyerap bau kotoran padat dan kotoran cair. Gantilah serutan kayu seminggu sekali atau apabila sudah mulai tercium aroma tidak sedap.

Tempat Makanan & Minuman
Pilihlah loka makan yang cukup lebar & berat misalnya mangkok atau piring kaca, bisa juga loka kuliner kucing menurut plastik namun tebal. Sehingga tempat kuliner nir gampang dibalik oleh landak mini . Tempat minum bisa menggunakan botol minum hamster. Pilihlah ukuran yg besar lantaran landak mini sering sekali minum air. Bersihkan tempat makan dan minum secara rutin!

Hiding Box
Hiding box merupakan kotak tertutup dengan lubang kecil (cukup untuk keluar masuknya landak kecil). Kamu sanggup memakai kotak sepatu, kotak kayu, pipa paralon pvc yg telah dibuat ataupun membeli secara online. Landak bersifat nocturnal sehingga aktif di malam hari, di siang harinya mereka akan tidur di hiding box yg gelap. Selain itu hiding box sebagai tempat bagi induk landak yg hamil buat menyendiri berdasarkan keramaian. Induk juga menyusui anak-anaknya pada pada kotak ini. Lantaran tertutup, hiding box harus tak jarang dibersihkan agar landak kecil tetap nyaman.

Mainan
Kamu mampu meletakkan roda berputar yang biasa digunakan hamster pada pada kandang landak mini . Dengan berlari pada roda ini, landak kecil akan terjaga kesehatan fisiknya.

Memandikan Landak Mini

Mengetahui cara memandikan yang benar termasuk bagian penting menurut cara merawat landak mini . Langkah-langkah memandikan landak mini yg sahih yaitu :

  • Sediakan air pada ember, baskom ataupun wastafel.
    Guyurkan air ke tubuh landak kecil.
    Tuangkan sabun bayi ke tubuh landak kecil.
    Sikat secara halus dengan sikat gigi (baru atau bersih) bagian punggung & durinya.
    Untuk bagian perut, wajah dan kaki gosok secara halus menggunakan tangan.
    Bilas menggunakan air sampai nir ada sisa sabun lagi.
    Keringkan dengan handuk higienis.
    Apabila ingin membuat landak mini kita gembira, sehabis dibilas abaikan landak pada pada air. Tenang saja, landak adalah fauna yang pintar berenang. Tetapi kamu permanen wajib mengawasi, karena bila kecapekan saat berenang, mereka akan karam.

Oh iya, jangan sekali-kali menjemur landak kecil pada bawah sinar matahari pribadi baik sesudah mandi maupun di ketika lainnya. Lantaran hewan ini tidak bertenaga terhadap cahaya yang sangat terang, dan bisa mengakibatkan kebutaan bagi mereka. Selengkapnya diĀ https://goo.gl/P9eoWx