Bolehkah Begadang di Tahun Baru bagi Ibu Hamil

By | December 31, 2018

Bolehkah Begadang di Tahun Baru bagi Ibu Hamil

Bolehkah Begadang di Tahun Baru bagi Ibu Hamil?

Bolehkah Begadang di Tahun Baru bagi Ibu Hamil?

Menyambut pergantian tahun

Menyambut pergantian tahun banyak orang bagadang karena tidak ingin melewatkan pesta kemeriahan. Seluruh negara menyambut perayaan tahun baru masehi dengan hiburan musik, kuliner, dan pesta kembang api di sepanjang malam.

Bagi Mama yang sedang hamil

Bagi Mama yang sedang hamil, pasti ada keinginan untuk begadang kerena tidak ingin ketinggalan momen pergantian tahun yang berharga bersama keluarga.

Tapi boleh tidak ya perempuan hamil ikut begadang?

Begadang sudah sejak lama diketahui memiliki dampak negatif langsung bagi kondisi fisik maupun psikologis seseorang.

Bahkan begadang dalam jangka panjang juga dikaitkan dengan peningkatan risiko sejumlah penyakit kronis, mulai dari diabetes hingga penyakit jantung. Tapi ternyata, sering begadang saat hamil menyimpan segudang risiko tersendiri.

Pada dasarnya, perubahan hormon dan ketidaknyamanan fisik yang terkait dengan kehamilan dapat memengaruhi kualitas tidur perempuan hamil.

 Setiap trimester kehamilan membawa tantangan tidur yang unik.

Belum lagi bahayanya dampak begadang jika terlalu seiring dilakukan bagi Mama yang hamil seperti meningkatkan risiko persalinan prematur, risiko preeklampsia, risiko tekanan darah tinggi, peluang operasi caesar, memperlama proses persalinanan normal, dan calon anak berisiko kelebihan berat badan.

Tidak cukup tidur selama kehamilan dapat membawa dampak merugikan, tak hanya bagi kesehatan Mama namun juga bayi dalam kandungannya.

Tapi jika ibu hamil terpaksa begadang, berikut tips menyiasati agar Mama tidak kelelahan.

Menjaga makan dengan gizi yang seimbang

Jangan melewatkan sarapan, makan siang, dan makan malam. Makanan 4 sehat 5 sempurna itu penting. Perbanyak juga makan sayuran hijau dan yang protein hewani seperti daging, telur, dan ikan.

Untuk sarapan Mama pilihlah menu makanan seperti oatmeal, sandwich gandum, dan yogurt.

Di makan siang, Mama bisa memilih telur rebus, salad besar dengan alpukat, wortel, mentimun, dan tomat. Makanan di siang hari yang akan membantu tubuh menghasilkan energi saat tubuh terjaga sepanjang malam.

Untuk makan malamnya sebaiknya hindari makanan yang berminyak yang hanya akan membuat perut merasa kembung dan begah. Konsumsi ayam, buah-buahan dan sayuran.

Hindari makanan manis, makanan ringan yang bergula akan membuat tubuh ingin cepat beristirahat.

Tidur cukup di malam sebelum begadang

Saat siang harus manfaatkan beberapa jam untuk mengistirahatkan mata agar benar-benar siap begadang. Hal ini dilakukan agar tubuh Mama tidak merasa lelah saat terjaga sepanjang malam.

Dalam sebuah studinya, seorang profesor profesor epidemiologi dan kesehatan global di University of Washington yang juga merupakan direktur di Center for Perinatal Studies di Swedish Medical Center, Seattle, Amerika Serikat mengatakan bahwa, pada umumnya perempuan waktu tidur sekitar tujuh hingga sembilan jam per harinya selama kehamilan dan akan lebih baik jika tidur selama sembilan jam.

Apabila waktu tidur kurang dari jumlah tersebut, maka akan dapat berpengaruh pada kesehatan. Kurang tidur akan berakibat tubuh menjadi kurang fit dan mudah lelah.

Perbanyak mengonsumsi suplemen dan vitamin

Penting bagi Mama yang hamil untuk mengonsumsi supleman untuk membantu menjaga kesehatan. Pilihlah supleman yang kaya asam folat, zat besi, kalsium dan vitamin D3, C, E.

Editors’ Picks

  • Yuk, Simak Kisah Perjuangan Para Artis Hollywood Saat Hamil
  • Resolusi di Tahun 2019 Agar Kehamilan Tetap Sehat dan Bugar
  • Cara Tepat Memilih Kosmetik dan Produk Kecantikan untuk Ibu Hamil

Sediakan cemilan sehat

Perlu juga Mama mempersiapkan camilan untuk menjaga tubuh tetap fit sepanjang malam. Pilih buah-buahan seperti apel, pir, mangga, strawberry, alpukat dan lain-lain. Atau kacang-kacangan seperti almond dan minum susu hangat juga cocok jadi teman makan camilan.

Jangan terlalu banyak aktivitas yang berat

Ibu hamil memang tidak sepatutnya melakukan aktivitas berat. Sebisa mungkin sebelum merencanakan tidur larut malam, Mama harus mengistirahatkan badan jangan terlalu banyak kegiatan pada hari itu.

Mama bisa istirahat duduk di sofa nyaman sambil melakukan kegiatan membaca buku, mengemil, atau sekadar menonton televisi sampai tiba waktu pergantian tahun.

Rutin berolahraga

Olahraga teratur selama kehamilan meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Olahraga juga dapat membantu Mama tidur lebih nyenyak. Lakukan olahraga ringan seperti yoga.

Miskinnya tingkat hormon adiponektin akibat begadang saat hamil saling berhubungan dengan peningkatan lemak tubuh dan kecenderungan gaya hidup kurang aktif.

Sejatinya ia adalah hormon yang bermanfaat. Ini adalah hormon yang membantu tubuh mengatur beberapa proses metabolisme, termasuk regulasi glukosa.

Adiponektin juga mengurangi kolesterol dan melindungi jantung Mama.

Ibu hamil memang sangat memerlukan waktu istirahat yang banyak, jam tidur Mama juga harus diperhatikan.

Jika mengantuk segeralah tidur. Jangan memaksakan keadaan jika tidak memungkinkan untuk begadang ya, Ma!

 

Sumber : https://merkterbaik.com/