Manajemen Pendidikan

By | December 31, 2018

Manajemen Pendidikan

Manajemen Pendidikan

Manajemen Pendidikan

Mata kuliah Manajemen Pendidikan

Mata kuliah Manajemen Pendidikan bertujuan agar mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar manajemen pendidikan di sekolah. Mata kuliah dengan bobot 2 sks ini meliputi kajian tentang ruang lingkup manajemen pendidikan yakni yang terdiri dari konsep dasar manajemen pendidikan, pengelolaan satuan pendidikan, kepemimpinan pendidikan, pengelolaan kurikulum, pengelolaan peserta didik, pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan, pengelolaan biaya pendidikan, pengelolaan sarana prasarana, pengelolaan humas sekolah, dan pengelolaan kelas. Manfaat mata kuliah ini diantaranya

1) Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami ruang lingkup manajemen pendidikan,

2) Mahasiswa mampu menerapkan prinsip manajemen pendidikan di sekolah.

Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem pembelajaran langsung

Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem pembelajaran langsung, penugasan terstruktur maupun tidak terstruktur. Diharapkan dengan sistem tersebut, mahasiswa mampu memahami kompetensi dasar yang hendak dicapai dan juga mampu mengaplikasikan pembelajaran dalam lingkup yang lebih nyata. Keaktifan, dan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran mutlak diperlukan. Agar perkuliahan di dalam kelas dapat berjalan dengan baik, mahasiswa perlu membaca, memahami, dan menerapkan ketentuan-ketentuan yang tercantum dalam Kode Etik Mahasiswa

Bentuk kegiatan tugas perkuliahan

Bentuk kegiatan tugas perkuliahan meliputi dua bentuk yakni:Pertama, tugas perseorangan.

1) Makalah. Pembagian tema sesuai dengan materi pokok perkuliahan. Tema dibagi secara acak kepada masing-masing mahasiswa.

2) Presentasi. Presentasi diperlukan untuk menguji pengetahuan mahasiswa terhadap makalah yang ditulisnya. Presentasi dilakukan di dalam kelas. Pendengar boleh mengajukan pertanyaan, kritik dan saran kepada mahasiswa yang sedang melakukan presentasi. Kedua, tugas kelompok.

3) Analisis kasus. Analisis kasus yang dimaksud adalah menganalisa persoalan-persoalan kontemporer yang terkait dengan mata kuliah. 4) Diskusi. Diskusi diperlukan untuk melatih mahasiswa aktif dalam menyampaikan pendapat. Tema diskusi disesuaikan dengan pokok bahasan.

5) Presentasi. Presentasi ini bertujuan untuk melatih mahasiswa mempertahankan gagasannya secara kelompok di depan orang lain. Tugas-tugas dalam mata kuliah ini sebagaimana yang tertulis di tautan berikut ini.

Kriteria penilaian pada setiap mata kuliah

Kriteria penilaian pada setiap mata kuliah adalah sebagai berikut: 1)Partisipasi dan kehadiran sebesar 5%; 2) Presentasi dan diskusi sebesar 15%; 3) Tugas-tugas sebesar 25%; 4) Ujian tengah semester sebesar 15%; 5) Ujian Kompetensi sebesar 20%; 6) Ujian akhir semester sebesar 20%.

Konversi nilai dari angka ke huruf adalah sebagai berikut: 1) 85-100 > A > 4,00 > Lulus; 2) 80-84 > A- > 3,75 > Lulus; 3) 75-79 > B+ > 3,50 > Lulus; 4) 70-74 > B > 3,00 > Lulus; 5) 65-69 > B- > 2,75 > Lulus; 6) 60-64 > C+ > 2,50 > Lulus; 7) 55-59 > C > 2,00 > Lulus; 8) 50-54 > C- > 1,75 > Lulus; 9) 40-49 > D > 1,00 > Tidak Lulus; 10) 0-39 > E > 0 > Tidak Lulus. Nilai dalam mata kuliah ini sebagaimana tertaut dalam tautan ini.

Materi Perkuliahan:

Silakan pilih artikel dengan mengklik tautan di bawah ini!

  1. Kontrak Perkuliahan >> 1) Penjelasan materi perkuliahan; 2) Pembagian tugas-tugas; 3) Kriteria penilaian; 4) Sistem pembelajaran

Sumber : https://dosen.co.id/