Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Past Continuous Tense

By | January 7, 2019

Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Past Continuous Tense

 

Tense ini merupakan tense yang digunakan untuk mengungkapkan atau menyatakan kejadian atau aktifitas masa lampau. Continuous mengindikasikan bahwa kejadian atau aktifitas masa lampau sedang berlangsung. Ini menarik bukan? Bagaimana bisa kejadian atau aktifitas masa lampau namun masih berlangsung!

Pengertian Past Continuous Tense

Past continuous tense adalah sebuah bentuk dari kata kerja yang digunakan untuk menyatakan dua hal, yaitu :

Fungsi 1. Digunakan untuk menyatakan suatu aktifitas atau kejadian yang sedang berlangsung pada waktu tertentu di masa yang lampau

Sebagai contoh :
At 9 last night, I was watching TV. (Pada jam 9 tadi malam, saya sedang menonton TV.)

Dari contoh diatas, yang dimaksud dengan waktu tertentu adalah At 9 last night, sedangkan untuk aktifitas atau kejadian yang sedang berlangsung adalah I was watching TV.

Fungsi 2. Digunakan untuk menyatakan suatu aktifitas atau kejadian sedang berlangsung ketika aktifitas atau kejadian yang lain datang menyela dimasa lampau

Sebagai contoh :
I was watching TV when my younger brother cried. (Saya sedang menonton TV ketika adik saya menangis.)

Aktifitas atau kejadian yang sedang berlangsung adalah I was watching TV, sedangkan untuk aktifitas atau kejadian yang menyela adalah my younger brother cried.

Rumus Past Continuous Tense
Perlu diketahui bahwa dalam berkomunikasi kita tidak hanya menggunakan kalimat positif, namun terkadang juga menggunakan kalimat negative, interogatif, dan juga negative interogatif. Dalam setiap bentuk kalimat tersebut memiliki susunan rumus yang berbeda-beda pula. Untuk itu, perhatikan rumus past continuous tense untuk setiap bentuk kalimat dibawah ini :

Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Past Continuous Tense

Kalimat positif (+)

S + was/were + Verb.ing (Present participle)

Contoh :

  • At 9 last night, We were watching TV.
  • I was watching TV when my younger brother cried.

Khusus untuk kejadian yang menyela, gunakan rumus S + verb2 “my younger brother cried” (berlaku juga untuk bentuk negative, interogatif, dan juga negative interogatif).

Kalimat negative (-)

S + was/were + not + Verb.ing (Present participle)

Contoh :

  • At 9 last night, we were not watching TV. atau At 9 last night, we weren’t watching TV. (Pada jam 9 tadi malam, kami tidak sedang menonton TV.)
  • I was not watching TV when my younger brother cried. atau I wasn’t watching TV when my younger brother cried. (Saya tidak sedang menonton TV ketika adik saya menangis.)

Kalimat interogatif (?)

Was/were + S + Verb.ing (Present participle)

Contoh :

  • At 9 last night, were we watching TV? (Pada jam 9 tadi malam, apakah kita sedang menonton TV?)
  • Was I watching TV when my younger brother cried? (Apakah saya sedang menonton TV ketika adik saya menangis?)

Kalimat negative interogatif (-?)

Was/were + S + not + verb.ing (Present participle)

Contoh :

  • At 9 last night, were we not watching TV? atau At 9 last night, weren’t we watching TV? (Pada jam 9 tadi malam, apakah kita tidak sedang menonton TV?)
  • Was I not watching TV when my younger brother cried? atau Wasn’t I watching TV when my younger brother cried? (Apakah saya tidak sedang menonton TV ketika adik saya menangis?)

Dari rumus past continuous tense yang telah dijelaskan diatas, yang dimaksud dengan “S” adalah subjek, subjek dapat berupa noun, pronoun, ataupun noun phraseVerb.ing adalah kata kerja dengan tambahan akhiran “ing”. Sedangkan penggunaan was atau were tergantung dengan subjeknya, perhatikan tabel di bawah ini :

 

Note :

  • Was not dapat disingkat menjadi wasn’t
  • Were not dapat disingkat menjadi weren’t

Contoh Kalimat Past Continuous Tense

Baik, berikut ini adalah beberapa contoh kalimat past continuous tense, baik kalimat positif, negative, interogatif, dan juga negative interogatif.

 

Sumber : https://www.sekolahbahasainggris.com/