Teori-teori Metodologi Penelitian Menurut Para Ahli

By | January 5, 2019

Teori-teori Metodologi Penelitian Menurut Para Ahli

Teori-teori Metodologi Penelitian Menurut Para Ahli

Teori-teori Metodologi Penelitian Menurut Para Ahli

Pengertian Teknik Pengumpulan Data, Pengertian Wawancara, Pengertian Observasi, Pengertian Dokumentasi, Pengertian Populasi, Pngertian Sampel.

Pengertian teknik pengumpulan data menurut Sugiyono 2013

Teknik pengumpulan data merupakan langkah yang paling strategis dalam penelitian, karena tujuan utama dari penelitian adalah mendapatkan data. Sugiyono (2013:224)

Pengertian teknik pengumpulan data menurut Juliansyah Noor 2011

Ø Teknik pengumpulan data merupakan cara pengumpulan data yang dibutuhkan untuk menjawab rumusan masalah penelitian. Juliansyah Noor (2011:138)

Pengertian Teknik Wawancara (Interview) menurut Esterberg dalam Sugiyono 2013
Ø Wawancara merupakan pertemuan dua orang untuk bertukar informasi dan ide melalui tanya jawab, sehingga dapat dikontruksikan makna dalam suatu topik tertentu. Esterberg dalam Sugiyono (2013:231)

Pengertian Wawancara menurut Setyadin dalam Gunawan 2013

Ø Wawancara adalah suatu percakapan yang diarahkan pada suatu masalah tertentu dan merupakan proses tanya jawab lisan di mana dua orang atau lebih berhadapan secara fisik. Setyadin dalam Gunawan (2013:160)

Pengertian Teknik Pengamatan (Observasi) menurut Sutrisno Hadi dalam Sugiyono 2013

Ø Observasi merupakan suatu proses yang kompleks, suatu proses yang tersusun dari berbagai proses biologis dan psikhologis. Dua di antara yang terpenting adalah proses-proses pengamatan dan ingatan. Sutrisno Hadi dalam Sugiyono (2013:145)

Pengertian Pengamatan menurut Narbuko dan Achmadi 2013

Ø Pengamatan adalah alat pengumpulan data yang dilakukan cara mengamati dan mencatat secara sistematik gejala-gejala yang diselidiki. Narbuko dan Achmadi (2013:70)

Pengertian Teknik Dokumentasi (Studi Dokumen) Menurut Sugiyono 2013

Ø Dokumen merupakan catatan peristiwa yang sudah berlalu. Dokumen bisa berbentuk tulisan, gambar, atau karya-karya monumental dari seorang. Dokumen yang berbentuk tulisan misalnya catatan harian, sejarah kehidupan (life histories), ceritera, biografi, peraturan, kebijakan. Dokumen yang berbentuk gambar misalnya foto, gambar hidup, sketsa dan lain-lain. Dokumen yang berbentuk karya misalnya karya seni, yang dapat berupa gambar, patung, film dan lain-lain. Studi dokumen merupakan pelengkap dari penggunaan metode observasi dan wawancara dalam penelitian kualitatif. Sugiyono (2013:240)

 

Baca Juga :