Contoh teks berita pendidikan beserta gambar

By | February 6, 2019

Contoh teks berita pendidikan

berbagai acara di seluruh dunia disampaikan melalui berita, siaran berita melalui televisi, radio, situs web, dan media lainnya. Sekarang bahan bahasa Indonesia memiliki teks berita yang merupakan hasil dari peristiwa aktual.

Karena sebagian besar dari kita masih anak-anak sekolah, kami mengutip contoh sederhana teks berita pendidikan.

Yang perlu kita ketahui sebelumnya adalah bahwa ada tiga struktur yang membentuk keseluruhan teks berita, struktur teks berita.

Orientasi berita yang berisi awal acara yang dilaporkan dalam teks berita. Penjelasan singkat tentang berita yang sedang dibahas secara umum disebutkan.
Berdasarkan peristiwa yang terjadi, itu adalah peristiwa yang berkaitan dengan proses peristiwa dari awal hingga akhir dan dijelaskan berdasarkan fakta-fakta yang ada.
Sumber berita adalah di mana sumber berita berada. Sumber berita tidak selalu ditulis di akhir berita.

Dengan memahami struktur di atas, Anda diharapkan dapat menentukan struktur teks sampel di bawah diri Anda, dan Anda juga dapat menemukan bagian 5W1H.

Contoh 1:

62 juta anak perempuan tidak bersekolah

Pendidikan adalah fondasi kehidupan yang lebih baik. Namun kenyataannya, tidak semua orang dapat menerima pendidikan, dan sekitar 62 juta anak perempuan di dunia tidak dapat bersekolah.

Untuk menyadari bahwa anak perempuan dapat bersekolah, Michelle Obama meluncurkan kampanye internasional.

“Ketika ada 62 juta anak perempuan yang tidak bersekolah di dunia, itu tragis karena menghilangkan kemungkinan manusia, yang juga merupakan sumber kesehatan masyarakat, hambatan ekonomi negara, dan keamanan dunia dari dunia Ini adalah tantangan serius yang dimulai dengan ancaman di atas, “kata Michelle Obama dalam sebuah artikel pada Selasa (6/10/2015) dari Wall Street Journal.

Dalam tulisannya, Michelle mengungkapkan bahwa melalui pendidikan anak perempuan tidak bisa segera menikah. Ini akan mengurangi angka kematian ibu. Dan anak perempuan yang dapat menerima pendidikan dapat meningkatkan ekonomi negara.

“Pendidikan juga bisa menjadi alat yang ampuh bagi perempuan untuk melawan ekstremis dan kekerasan,” tulis Michel.

Kasus 2:

1.302 anak-anak Sampang putus sekolah

Menurut data dari Departemen Pendidikan Sampang, pada 2015 1.302 anak putus sekolah di Sampang Madura, Jawa Timur.

Menurut laporan Antara, “Jumlah putus sekolah berasal dari berbagai tingkat pendidikan, dari sekolah dasar hingga sekolah menengah dan setara.

Menurutnya, sebagian besar anak putus sekolah berasal dari tingkat sekolah dasar / madrasah. Pada level itu, 657 siswa putus sekolah.

Di tingkat SMP / MT, ada 500 siswa yang tidak bisa melanjutkan pendidikan. Sisanya, ada 145 siswa di tingkat SMA / SMK dan MA.

Dia menjelaskan, sebagian besar anak putus sekolah, bukan karena biaya pendidikan yang mahal.

Ada elemen penting lainnya di distrik ini. Misalnya, Anda menikah pada usia dini.

Beberapa orang telah memilih untuk bermigrasi. Mereka mengejar orang tua di luar Madura seperti Kalimantan, Jakarta, Surabaya. Beberapa bahkan ikut serta orang tua yang bekerja di luar negeri sebagai pekerja migran.

Secara umum, siswa yang putus sekolah berasal dari daerah pedesaan dan lembaga pendidikan yang menerima dukungan dari yayasan dan sekolah asrama.

“Di kota, hampir tidak ada anak putus sekolah, jika ada, karena faktor ekonomi, tetapi itu adalah pertama kalinya, sekarang ada dana BOS sekarang,” kata Budiansor.

Sumber : https://laelitm.com/