Tips Membersihkan Mesin Mobil

By | March 20, 2019

Ruang mesin adalah salah satu area mobil bekas yang jarang dibersihkan oleh pemilik mobil bekas, bahkan jika pemiliknya rajin membersihkan ruang mesin, sehingga tentunya kondisi komponen yang terdapat pada mesin bisa lebih terawat.

Meski begitu, Anda tidak bisa begitu saja mencuci ruang mesin. Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan secara detail untuk menghindari korsleting atau kerusakan yang terjadi pada beberapa komponen listrik yang dikandungnya.

Tips Membersihkan Mesin Mobil

“Biasanya untuk membersihkan ruang mesin menggunakan degreaser,” kata Andre, salah satu pemilik bengkel otomotif yang berlokasi di Lebak Bulus, di selatan Jakarta.

Selain itu, Andre juga menunjukkan bahwa sebelum mencuci ruang mesin, pertama-tama perlu untuk mengetahui di mana komponen listrik berada.

“Karena posisi unit kontrol, sekering dan beberapa komponen listrik harus ditutup menggunakan plastik. Oleh karena itu, cobalah untuk mencegah bagian dari terkena air,” jelas Andre.

Langkah selanjutnya setelah beberapa komponen listrik yang terkandung di dalamnya dijamin aman, langkah selanjutnya adalah menyiapkan semprotan air.

“Jadi, maka Anda perlu menyemprotkan air murni pada bagian yang ingin Anda bersihkan, dengan pengecualian pada bagian yang dibahas sebelumnya,” jelas Andre.

Setelah disemprotkan dengan air, gunakan pembersih gemuk.

“Semprotkan menggunakan pembersih gemuk saat menyikatnya menggunakan sikat gigi atau menggunakan sikat motor,” kata Andre.

Setelah diolesi degreaser, langkah selanjutnya adalah menyemprot bagian itu lagi dengan air.

Setelah degreasing dan dibersihkan, langkah selanjutnya adalah menyemprotkannya menggunakan kompresor udara. Ini dilakukan agar sisa air cucian bisa segera jatuh.

Tidak hanya itu, Andre juga mengatakan bahwa tidak terlalu lama untuk membungkam bagian-bagian mesin cuci. Sebab, jika terlalu lama akan menimbulkan kerak.

“Setelah bertiup bersama angin, biarkan istirahat selama 2 atau 3 jam. Lalu, jangan nyalakan mobil segera, karena ada kekhawatiran akan ada korsleting pada beberapa komponen listrik,” jelas Andre,

Sumber : daihatsu bandar jaya