Lelang TPAS Legok Nangka Dipercepat

By | April 7, 2019

Lelang TPAS Legok Nangka Dipercepat

Lelang TPAS Legok Nangka Dipercepat

Lelang TPAS Legok Nangka Dipercepat

Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Legok Nangka menjadi harapan terkahir

untuk mengatasi permasalahan salah di Jawa Barat. Hal itu dikatakan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat Prima Mayaningtias saat acara JAPRI di Gedung Sate, Senin (19/2).

Selama Legok Nangka belum juga beroperasi maka pembuangan sampah di Bandung Raya Khususnya selalu mengandalkan TPAS Sarimukti. Luas lahan Sarimukti sebenarnya sudah ditambah hingga 20 hektar, namun dengan volume sampah yang sangat banyak, meski ada enambahan ini TPAS akan cepat penuh.

“Kami mendorong agar lelang Legok Nangka bisa dipercepat

, sebab ini akan menjadi solusi masalah sampah Jabar,” tegasnya.

Sementara sebelum Legok Nangka bisa beroperasi, upaya jangka pendek adalah membangun insenerator khususnya di sepanjang DAS Citarum. Teknologi yang akan dipakai, menurutnya masih menunggu persetujuan dari Kementerian LH.

“Memang tidak akan memberikan hasil 100 persen, tapi jauh lebih baik, dari pada ada warga yang membakar sampah dipinggir sungai. Setidaknya dengan insenerator akan lebih baik,” ujarnya.

Jika semua berjalan, Legok Nangka sebagai lokasi pembuangan sampah sekaligus penghasil listrik

, kemudian Sarimukti dan insenerator berjalan dengan baik, permasalahan sampah Jabar akan dapat diatasi. Untuk Bandung raya saja, dalam sehari ada 1800 ton sampah yang harus diatasi. Jo

 

Baca Juga :