Mengenal Macam-Macam Pengangguran

By | April 29, 2019

Mengenal Macam-Macam Pengangguran

Mengenal Macam-Macam Pengangguran

Mengenal Macam-Macam Pengangguran

Berdasarkan pengertian tersebut, maka pengangguran dapat dibedakan menjadi tiga macam:

  1. Pengangguran Terbuka (Open Unemployment)

Pengangguran terbuka adalah tenaga kerja yang betul-betul tidak mempunyai pekerjaan. Pengangguran ini terjadi ada yang karena belum mendapat pekerjaan padahal telah berusaha secara maksimal dan ada juga yang karena malas mencari pekerjaan atau malas bekerja.

  1. Pengangguran Terselubung (Disguessed Unemployment)

Pengangguran  terselubung  yaitu  pengangguran  yang  terjadi  karena  terlalu banyaknya tenaga kerja untuk satu unit pekerjaan padahal dengan mengurangi tenaga  kerja  tersebut sampai  jumlah  tertentu  tetap  tidak  mengurangi  jumlah produksi. Pengangguran terselubung bisa juga terjadi karena seseorang yang bekerja tidak sesuai dengan bakat dan kemampuannya, akhirnya bekerja tidak optimal.

  1. Setengah Menganggur (Under Unemployment)

Setengah menganggur ialah tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal karena tidak ada pekerjaan untuk sementara waktu. Ada yang mengatakan bahwa tenaga kerja setengah menganggur ini adalah tenaga kerja yang bekerja kurang dari 35 jam dalam seminggu atau kurang dari 7 jam sehari. Misalnya seorang buruh bangunan yang telah menyelesaikan pekerjaan di suatu proyek, untuk sementara menganggur sambil menunggu proyek berikutnya.


Baca Artikel Lainnya: