Main Game Jelang UN, Dion Raih Nilai Tertinggi IPA di Sumbar

By | June 28, 2019

Main Game Jelang UN, Dion Raih Nilai Tertinggi IPA di Sumbar

Main Game Jelang UN, Dion Raih Nilai Tertinggi IPA di Sumbar

Main Game Jelang UN, Dion Raih Nilai Tertinggi IPA di Sumbar

Berbagai cara orang dalam menghadapi ujian nasional di tingkat SMA. Apalagi tahun ini hampir semua sekolah menerapkan berbasis komputer alias UNBK. Bagi Dion Harja Putra punya tersendiri hingga bisa mendapatkan nilai tertinggi di tingkat Sumbar pada jurusan IPA.

Novitri Silvia, Padang

Siswa SMAN 1 Padang itu kali pertama mendengar namanya keluar sebagai peraih nilai UNBK IPA tertinggi se-Sumbar semula sempat tidak percaya. Pasalnya belum ada website resmi yang menunjukkan hasil tersebut.

Rasa tak percaya itu juga dialami ayahnya, Jasman, 56. Dia juga tak percaya buah hatinya tersebut mampu menorehkan nama sebagai orang yang terbaik di jurusan IPA untuk Sumbar.

Kepada Padang Ekspres (Jawa Pos Group), remaja 17 tahun itu menuturkan, keberhasilan ini tak terlepas kerja keras, dukungan berbagai pihak, dan doa.  Jauh-jauh hari, dia mengaku sudah mencicil hafalan. Fokus dan melengkapi catatan menjadi kuncinya menghadapi ujian. Jelang ujian, dia intens membahas 10 butir soal setiap mata pelajaran (mapel).

Baginya tak ada trik khusus menghadapi ujian. Dia tidak ingin membebani dirinya dengan belajar semalam suntuk. Saat merasa lelah, dia akan membahas soal yang belum dibahas pada hari libur atau melebihkan pembahasan saat senggang.

Jika ada soal yang tak dia pahami, Dion mendiskusikannya bersama guru terkait. “

Saya tidak membebani diri dengan target-target. Kalau lelah, ya istirahat dulu. Kalau ngantuk, beralih ke soal hitung-hitungan,” terangnya saat ditemui di sekolahnya, Rabu (2/5).

Di kelasnya, Dion dikenal siswa penyuka mapel hitung-hitungan, terutama Matematika. Dia pernah ikut Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika di Manado, 2011 lalu.

Jauh sebelum ujian, Dion mengaku fokus membahas soal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) untuk menghadapi UNBK. Dia merasa, soal SBMPTN jauh lebih sulit dibanding soal UNBK. “Soal di SBMPTN 4 kali jauh lebih sulit dibanding soal UNBK. Jadi kalau sudah biasa menghadapi yang sulit, kita terbiasa tanpa takut,” ucapnya.

Strategi Dion terbukti ampuh. Buktinya, dia berhasil memperoleh nilai UNBK Jurusan IPA tertinggi se-Sumbar. Dengan rentang nilai Matematika 100 (sempurna, red), Bahasa Indonesia 98, Bahasa Inggris 94, dan Fisika 95. Total nilai UNBK-nya 387 dari skor maksimum 400.

Biasanya, Dion memeroleh soal melalui tempat bimbel, guru, senior dan di-download.

Soal-soal itu dibahasnya bersama teman kelompok belajarnya. Masing-masingnya memiliki kelebihan di mata pelajaran berbeda.

Guna menghindari stres, Dion memilih mengistirahatkan diri dengan bermain games meski ujian sudah di depan mata. Menurutnya, cara belajar auditoiri dan visual (mendengar dan menonton) merupakan cara paling tepat. “Kalau kita fokus dan punya catatan lengkap, saat ujian tinggal diulang catatannya. Nanti jadi ingat sama apa yang diterangkan guru, karena saya bukan tipikal menghapal,” terangnya.

Kini keberhasian Dion semakin lengkap. Sebelumnya dia sudah diterima di Fakultas Teknologi Industri-Institut Teknologi

Bandung (FTI ITB). Rencananya dia akan berangkat pada 6 Mei mendatang. Kini, dia sedang mempersiapkan dokumen dan surat-surat untuk keperluan pendaftaran sebagai mahasiswa baru.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Padang Nukman menyebutkan, Dion satu dari tujuh siswa SMAN 1 Padang berhasil memperoleh nilai UNBK Jurusan IPA tertinggi se-Sumbar. Dion berada di peringkat pertama. “Dion salah seorang murid berprestasi dan selalu langganan juara di kelasnya. Sebenarnya, semua siswa sudah dipersiapkan jauh-jauh hari menghadapi ujian UNBK,” ujarnya.

Baca Juga :