Cara Sukses Dengan Sedikit Atau Tanpa Modal

By | July 20, 2019

Cara Sukses Dengan Sedikit Atau Tanpa Modal

Cara Sukses Dengan Sedikit Atau Tanpa Modal

Cara Sukses Dengan Sedikit Atau Tanpa Modal

Salah satu pemikiran yang kurang tepat mengenai kesuksesan adalah banyak orang percaya sukses membutuhkan modal yang besar. Mereka percaya tanpa suntikan modal dari orangtua, mereka akan sulit sukses. Bagi mereka yang ingin berbisnis, pemikiran akan kurangnya modal membuat mereka menyerah dan memilih bekerja saja.

Keyakinan seperti ini tidak benar karena jika memang benar begitu, hanya orang kaya atau dari keluarga kaya yang akan sukses. Sedangkan mereka yang tidak ada uang atay miskin akan tetap seperti itu seumur hidup. Ini adalah diskriminasi sukses dan hidup tidak pernah bersikap seperti itu.

Siapa pun memiliki hak dan peluang yang sama besar untuk sukses. Sukses selalu adil dan tanpa pandang bulu, bahkan bulu monyet sekali pun. Semua orang bisa sukses asalkan jalannya tepat dan benar.

 

Lalu bagaimana Anda bisa sukses jika tidak punya modal, atau orangtua Anda hidupnya pas-pasan sehingga tidak mampu menimpuk Anda dengan gepokan uang? Tenang saja. Sekarang abad 21, tidak lagi seperti abad sebelumnya di mana siapa pun yang memiliki uang atau modal akan menguasai dunia. sekarang tidak lagi.

#1. Koneksi, relasi atau jaringan (Networking)

Ada sebuah kutipan yang berbunyi, “If you are not networking, you are not working.” Jika Anda tidak punya jaringan, Anda tidak benar-benar bekerja. Mari saya beri contoh mudah. Pernahkah Anda melihat seseorang yang dengan mudahnya diterima bekerja karena ada koneksi? Mereka bisa masuk karena direkomendasikan oleh temannya yang sudah senior di perusahaan, bahkan ada beberapa yang masuk tanpa wawancara. Ada pula seseorang yang berbisnis bahan bangunan, namun karena modal kecil, barang yang di jual pun sedikit bahkan kurang. Ternyata ia memiliki relasi dekat dengan seorang penyuplai alat-alat bahan bangunan secara grosir. Relasi tersebut menyuruhnya mengambil produk yang diinginkan dan bisa dibayar kalau sudah laku. Saya selalu percaya relasi bisa membawa Anda pada peluang yang tak terduga. Jadi perbanyak relasi dan jaringan Anda. Tidak zamannya lagi meringkuk di kamar sendirian seorang diri.

#2. Kreativitas

Di masa yang akan datang, diperkirakan kita akan memasuki era informasi yang dibarengi dengan kreativitas. Sekarang saja sudah sudah banyak hal-hal kreatif yang bisa Anda lihat di lingkungan sekitar. Ide-ide kreatif akan sangat dihargai di masa depan. Jika Anda tidak punya modal, Anda bisa mengandalkan kreativitas dalam menghasilkan ide-ide sukses. Contohnya, pernah lihat orang sukses karena youtube? Mereka mengunggah keahlian uniknya di Youtube dan mendapat banyak uang dari iklan yang terpasang di videonya. Bisnis startup juga merupakan bisnis kreatif. Go-Jek, Instagram, Facebook dan lainnya semua dimulai dari nol hingga berkembang dan akhirnya menarik minat investor. Menulis buku atau novel juga dikategorikan bisnis kreatif. Anda hanya butuh menulis hingga buku diterbitkan.

#3. Teknologi

Di masa lalu pada saat masih belum ada internet, butuh modal yang sangat besar jika ingin berbisnis. Namun siapa sangka dengan adanya internet, semua orang bisa memiliki online shop dengan sedikit atau bahkan tanpa modal sama sekali. Online shop telah banyak membantu banyak orang mendapatkan uang bahkan kesuksesan besar. Ada yang mendapatkan tambahan uang jajan sampai omzet miliaran rupiah. Sekarang saja perputaran uang dari bisnis online mencapai trilunan rupiah dan terus naik. Ada yang meraup puluhan juta sebulan dengan menjadi driver Go-jek, ada yang menghasilkan omzet fantastis dari penjualan produk di Kaskus, BBM, Instagram atau Tokopedia. Bahkan ada seorang ibu rumah tangga yang tinggal di pinggiran kota menjual menu kepiting hanya dari Instagram saja. Omzetnya luar biasa. Teknologi memungkinkan Anda sukses, tinggal bagaimana Anda pintar-pintar memanfaatkannya. Meskipun online, kadang penghasilannya lebih besar dari mereka yang berbisnis melalui toko.

#4. Bisnis Jaringan, perantara atau freelance

Mendengar kata MLM mungkin Anda akan alergi. Tapi tahukah Anda bisnis MLM ada bisnis yang omzetnya luar biasa besar. bahkan para pebisnis MLM termasuk yang berpenghasilan tertinggi. Menjadi anggota MLM tidak perlu mengeluarkan banyak modal. Atau Anda bisa menjadi perantara atau freelance. Ada salah seorang kenalan saya yang menjadi freelance perabotan. Omzetnya jauh lebih besar dari gaji manajer di kantor. Waktunya bebas dan lebih santai. Semua itu hanya butuh modal kecil atau bahkan tidak butuh modal. Anda hanya butuh kemauan dan tidak gengsi menjalankannya.

Semoga keempat jalan ini membuka mata Anda bahwa kesuksesan tidak melulu harus disogok dengan uang banyak. Itulah mengapa banyak orang sukses yang dulunya miskin dan tidak punya uang. Keempat hal inilah yang membuat mereka sukses. Tentunya harus dibarengi dengan kerja keras dan pantang menyerah baru bisa menikmati hasilnya.

Baca Juga :