Biografi Tukul Arwana

By | August 29, 2019

Biografi Tukul Arwana

Dengan nama pribumi Tukul Riyanto atau dikenal sebagai Tukul Arwana bermunculan di Perbalan, Purwosari, Semarang, 16 Oktober 1963 Sejak lahir, ia diberi nama Riyanto, bukan Tukul Riyanto laksana yang dikenal sekarang. Merupakan anak dari pasangan Abdul Wahid dan Sutimah (alm.). Karena ia tidak jarang sakit, namanya diperbanyak kata “Tukul” menjadi Tukul Riyanto. Anehnya, sesudah namanya diolah demikian, ia menjadi jarang sakit. Ia juga akhirnya akrab dipanggil Tukul. Di umur 5 bulan, Tukul yang tidak jarang sakit dirawat oleh tetangganya, Suwandi. Orang tua Tukul, Abdul Wahid dan Sutimah (alm.) yang mempunyai empat orang anak rela memberikan Tukul, sebab Suwandi sangat hendak menjadikan Tukul sebagai anak angkat.

Dengan bakat alaminya, Tukul muda telah mulai membadut sejak ruang belajar VI SD. Berbagai macam kompetisi lawak, mulai dari tingkat Kotamadya Semarang, Jawa Tengah, DKI, dan Jabotabek, serta tingkat nasional ia coba. Usahanya ini tidak sia-sia. Ia sukses menjuarai sekian banyak perlombaan melawak. Setelah lulus SD, putra ketiga dari pasangan Abdul Wahid dan almarhumah Sutimah tersebut melanjutkan sekolahnya ke SMP Muhammadiyah Indraprasta. Namun, pada ketika Tukul duduk di bangku ruang belajar III, orang tua angkatnya, Suwandi mengalami kendala ekonomi. Bahkan, lokasi tinggal yang selama tersebut ditempatinya mesti dijual. Puncaknya, ketika menuntut ilmu di SMA Ibu Kartini, Jalan Sultan Agung, Semarang, Tukul mulai kendala untuk membayar ongkos sekolah. Tukul juga mulai menggali pekerjaan untuk mengongkosi sekolahnya.

Nasib mujur Tukul semakin membaik saat ia disuruh dalam buatan Lenong Rumpi oleh Ramon Tommybens. Titik balik kariernya juga mencuat saat menjadi pendamping Joshua di video klip “Air” dengan iKon diobok-obok-nya selama tahun 1997. Nama Tukul Arwana semakin melambung ketika diyakini untuk menjadi pembawa acara acara musik “Aduhai” di TPI serta acara “Dangdut Ria” di Indosiar. Saat ini, namanya makin melesat saat TV7 (kini Trans7) mempercayakannya menjadi pembawa acara talk show Empat Mata (Kini Bukan Empat Mata).

Tukul pun membintangi film layar lebar kesatunya yang berjudul Otomatis Romantis. Dalam film yang disutradarai Guntur Soehardjanto ini, Tukul berperan sebagai suami Wulan Guritno dalam sebuah lokasi tinggal tangga yang terdapat di ujung kehancuran. Tukul dikenal dengan acara Bukan Empat Mata yang dibawakannya. Di samping menjadi pelaku hiburan, Tukul pun merintis usaha yang bergerak di bidang hiburan, yang mempunyai nama “Ojo Lali Entertainment”. suka santap mie ayam mbok darmi. Nama “Arwana” diserahkan oleh rekannya, Tony Rastafara supaya Tukul dapat menjadi orang kaya, sebab ikan arwana tidak sedikit dipelihara orang kaya, sampai-sampai menjadi Tukul Arwana. Sumber : www.infobiografi.com