Pengertian Obat Asam Mefenamat

By | August 17, 2019

Nama generik: asam mefenamat
Merek: Analspec, Asimat Dathan / Datan Forte, Dentacid, Dogesic, Femisic, Grafix, Lapistan, Maxstan, Mefast, Mefinal, Opistan, Pehastan, Poncofen, Ponstan, Solasic, Teamic 500, Tropistan, Allogon, Alpain, Asam Mefenamat Indo Farma, Asam Mefenamat Landson, Benostan, Cetalmic, Corstanal, Dolos, Fensic 500, Gitaramin, Grafamic, Hexalgesic, Inastan, Licostan, Mefinter, Menin, Molasic, Nichostan, Ponalar Ponalar / Ponalar, Pondex Pondex / Ponex, Ponstax, Ponstax, Ponstax, Ponstax, Ponstax, Ponstax, Ponstax, Ponstax, Ponstax, Ponstax, Ponstax, Ponstax, Ponstax, Ponstax, Ponstax, Ponstax, Ponstax, Ponstax, Ponstax, Ponstax, Ponstax, Ponstax, Ponstax, Ponstax, Ponstax, Ponstax, Ponstax, Ponstax , Ponstax, Stanalina, Room dan mefenamic acid untuk fungsi dosis sakit gigi.

fungsi
Untuk apa mefenamic acid?
Asam mefenamat adalah obat untuk pengobatan nyeri ringan hingga sedang. Sering digunakan sebagai obat untuk sakit gigi, sakit kepala dan pereda nyeri saat menstruasi.

Pengertian Obat Asam Mefenamat

Asam mefenamat atau asam mefenamat dikenal sebagai obat antiinflamasi non-steroid (NSAID). Obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati serangan gout.

Dosis asam mefenamat dan efek samping asam mefenamat akan dijelaskan nanti.

Apa aturan minum asam mefenamat?
Asam mefenamat biasanya diminum 4 kali sehari dengan segelas air mineral (8 ons atau 240 mililiter) atau sesuai arahan dokter. Jangan berbaring setidaknya 10 menit setelah minum obat ini. Jika sakit perut terjadi, minum obat ini dengan makanan atau susu. Jangan minum asam mefenamat bersama antasida kecuali jika diarahkan oleh dokter.

Beberapa antasida mungkin dapat mengubah jumlah asam mefenamat yang diserap oleh tubuh.

Dosis diberikan berdasarkan kondisi medis dan respons terhadap pengobatan. Untuk mengurangi risiko pendarahan di lambung dan efek samping lainnya, minum obat ini dengan dosis terendah untuk waktu yang singkat.

Jangan menambah dosis, minum secara teratur atau lebih lama dari yang direkomendasikan. Obat ini sebaiknya tidak diminum lebih dari 7 hari sekaligus.

Jika Anda menggunakan obat ini sebagai kebutuhan “dasar” (tidak setiap hari), ingatlah bahwa obat ini bekerja dengan baik ketika diminum ketika tanda pertama nyeri muncul. Jika Anda menunggu tanda-tanda memburuk, obatnya tidak akan bekerja dengan baik.

Jika Anda menggunakan obat ini untuk nyeri haid, minum dosis pertama segera setelah menstruasi atau ketika rasa sakit muncul. Biasanya, perlu dikonsumsi hanya untuk 2 atau 3 hari pertama selama siklus.

Beri tahu dokter Anda jika rasa sakitnya tidak berkurang atau memburuk atau jika Anda memiliki gejala baru lainnya.

Bagaimana cara menyimpan asam mefenamic?
Cara terbaik untuk menyimpan obat ini pada suhu kamar, jauh dari cahaya langsung dan dari tempat-tempat lembab. Jangan simpan di kamar mandi. Jangan membekukannya. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan konservasi yang berbeda. Ikuti instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan mencuci obat-obatan di toilet atau di saluran pembuangan kecuali dinyatakan sebaliknya. Buang produk ini ketika sudah kadaluarsa atau tidak diperlukan lagi. Konsultasikan dengan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah setempat tentang cara membuang produk dengan aman.

dosis
Informasi yang diberikan tidak menggantikan saran medis. SELALU konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda sebelum memulai perawatan.

Berapa dosis asam mefenamat untuk orang dewasa?
Dosis asam mefenamat untuk mengatasi rasa sakit: asam mefenamat 500 mg diikuti oleh 250 mg setiap 6 jam sesuai kebutuhan, tidak lebih dari 7 hari.

Dosis asam mefenamat untuk nyeri haid: 500 mg diikuti oleh 250 mg setiap 6 jam dari awal menstruasi.

Berapa dosis asam mefenamat untuk anak-anak?
Dosis asam mefenamat untuk anak-anak berusia antara 14 dan 18 tahun: 500 mg diikuti oleh 250 mg setiap 6 jam sesuai kebutuhan, tidak lebih dari 7 hari.

Berapa dosis asam mefenamat tersedia?
Kapsul: 250 mg.

Efek samping
Apa efek samping yang dapat terjadi karena asam mefenamic?
Efek samping dari asam mefenamat yang tidak serius tetapi kadang-kadang terjadi termasuk:

Mual, mulas atau sakit perut, diare, sembelit, bengkak
Pusing, sakit kepala, gugup
Gatal atau ruam
Mulut kering
Hidung berair dan berkeringat
Penglihatan kabur
Dering di telinga
Berhentilah mengonsumsi asam mefenamat dan konsultasikan dengan dokter atau hubungi dokter jika Anda memiliki efek samping serius:

Nyeri dada, kelelahan, sesak napas, bahasa tidak jelas, masalah dengan penglihatan atau keseimbangan
Kotoran hitam berdarah, batuk darah atau muntah yang terlihat seperti bubuk kopi
Buang air kecil jarang atau tidak sama sekali
Nyeri, panas atau pendarahan saat buang air kecil
Mual, sakit perut, demam, kehilangan nafsu makan, urin gelap

Baca juga :