Kecerdasan Rasulullah saw sebagai Panglima Perang

By | September 11, 2019

Kecerdasan Rasulullah saw sebagai Panglima Perang

Ketika pasukan Islam dan pasukan Quraisy sedang menyiapkan diri untuk pertempuran di Badar, Rasulullah saw. melacak informasi berasal dari dua orang pemuda penyedia air minum pasukan Quraisy perihal kondisi pasukan mereka.

Rasulullah saw. bertanya perihal lokasi perkemahan tentara Ouraisy. Mereka menjawab, “Mereka berada di balik bukit pasir ini, di bibir lembah yang paling ujung.”

Kemudian Rasulullah saw. bertanya perihal kuantitas pasukan Quraisy. Kedua pemuda itu kelihatan kebingungan. Para teman baik dibikin tidak sabar oleh sikap ke-2 orang tersebut yang tidak langsung menjawab pertanyaan Rasulullah.

Meskipun didesak sedemikian rupa, selalu saja mereka tidak bisa menjawabnya kecuali dengan kalimat, “Kami tidak tahu, sungguh!”

Akhirnya, Rasulullah saw. mengganti pertanyaannya seraya bicara kepada ke-2 pemuda itu, “Berapakah kuantitas unta dan kambing yang mereka sembelih tiap tiap harinya?”

Mereka hanya menjawab bahwa tiap tiap harinya pasukan Quraisy menyembelih unta dan kambing lebih kurang 9-10 ekor. Mengetahui perihal itu, Rasulullah saw. memprediksikan kuantitas pasukan musuh lebih kurang sembilan ratus hingga seribu orang. Beliau pun menyadari kapabilitas musuh sebenarnya.

Sumber : https://tokoh.co.id/

Baca Juga :