Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

By | September 3, 2019

Deskripsi Mengenai Daun Kelor

Daun kelor adalah daun dari India yang telah digunakan sebagai obat tradisional selama ribuan tahun. Daun dengan nama ilmiah Moringa oleifera dikenal kaya akan antioksidan, asam amino, vitamin dan mineral.

Serbuk daun kelor juga sering disebut sebagai sumber protein karena mengandung sembilan asam amino esensial.

Selain itu, daun kelor memiliki potensi untuk memenuhi kebutuhan tubuh manusia yang tidak puas, dan mereka juga memiliki sifat penyembuhan yang baik.

Manfaat Kesehatan Dari Daun Kelor

Melawan diabetes

Kelor mengandung asam klorogenik, yang telah terbukti membantu mengendalikan kadar gula darah dan memungkinkan sel untuk mengambil atau melepaskan glukosa sesuai kebutuhan.

Selain asam klorogenik, senyawa isotiosianat yang terkandung dalam daun kelor dapat memberikan perlindungan alami terhadap diabetes. Daun kelor juga memiliki efek positif pada kontrol glikemik dan kadar insulin pada pasien dengan diabetes.

Mendukung kesehatan otak

Kandungan vitamin E dan vitamin C dalam daun kelor dapat memerangi oksidasi yang mengarah pada degenerasi neuron dan meningkatkan fungsi otak.

Kandungan ini juga dapat menormalkan neurotransmitter serotonin, dopamin dan neoadrenaline di otak, yang berhubungan dengan memori, suasana hati, fungsi organ, reaksi terhadap rangsangan seperti stres dan kesenangan dan kesehatan mental.

Lindungi hati

Hati bertanggung jawab untuk detoksifikasi darah, produksi empedu, metabolisme fruktosa, metabolisme lipid dan pemrosesan nutrisi. Fungsi-fungsi ini hanya dapat dilakukan dengan bantuan enzim hati. Karena itu sangat penting untuk menjaga enzim hati pada tingkat normal.

Daun moring mengandung polifenol yang dapat melindungi hati dari oksidasi, toksisitas, dan kerusakan. Kelor dapat mengurangi kerusakan hati dan fibrosis. Minyak kelor juga dapat mengembalikan enzim hati normal, mengurangi stres oksidatif dan meningkatkan kadar protein di hati.

Mencegah peradangan

Salah satu manfaat tanaman herbal adalah mereka memiliki kemampuan yang sama dengan obat konvensional tetapi tidak memiliki efek samping. Kelor mengandung campuran asam amino esensial, filonutriene karotenoid dan antioksidan yang bertindak sebagai obat anti-inflamasi di pasar.

Daun kelor mengandung banyak bahan anti-penuaan yang dapat mengurangi stres oksidatif dan peradangan. Ini terkait dengan berkurangnya risiko penyakit kronis seperti kanker lambung, kanker paru-paru, kanker usus besar, diabetes, hipertensi, dan penyakit mata terkait usia.

Pencernaan halus

Daun kelor dapat membantu dengan beberapa keluhan perut seperti seambelite, gastritis, dan kolitis ulserativa. Sifat-sifat antibiotik dan antibakteri dari kelor dapat menghambat pertumbuhan berbagai virus. Kandungan vitamin B yang tinggi dalam daun kelor juga berkontribusi pada pemeliharaan kesehatan pencernaan.

Perkuat tulang

Daun kelor mengandung kalsium dan fosfor, yang menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Sifat anti-inflamasi yang dapat diekstraksi dari daun kelor dapat membantu mengobati kondisi seperti radang sendi dan tulang yang rusak.

Pengobatan asma

Kelor dapat membantu mengurangi asma dan melindungi bronkokonstriksi. Telah terbukti bahwa daun kelor mendukung fungsi paru-paru dan pernapasan umum.

Peningkatan kesehatan mata

Daun kelor mengandung sifat penglihatan karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Kelor juga dapat menghentikan ekspansi pembuluh retina, mencegah penebalan membran kapiler, dan menghambat disfungsi retina.

Baca Juga :