UI dan IPB Masuk Top 40 The Most Sustainable University in The World

By | September 13, 2019

UI dan IPB Masuk Top 40 The Most Sustainable University in The World

UI dan IPB Masuk Top 40 The Most Sustainable University in The World

UI dan IPB Masuk Top 40 The Most Sustainable University in The World

Institut Pertanian Bogor (IPB) kembali meraih prestasi sebagai kampus yang ramah lingkungan.

Prestasi tersebut diberikan kepada IPB pada ajang UI Green Metric tahun 2018 di Balai Sidang Universitas Indonesia, Rabu (19/12). Kali ini IPB mendapat peringkat dua tingkat nasional dan peringkat 40 dunia.

Peringkat tersebut didasarkan pada enam kategori utama, yaitu setting infrastructure, energy and climate change, waste, water, transportation, dan education and research.

Di sisi lain, tujuh belas pilar utama pembangunan berkelanjutan

(Sustainable Development Goals/SDGs) juga menjadi kriteria tambahan dalam penilaian. Melalui penilaian tersebut, perguruan tinggi yang terdaftar dalam UI Green Metric diharapkan mampu menjadi kampus yang ramah lingkungan. Tidak hanya menjadi slogan sebagai kampus ramah lingkungan, tetapi diharapkan juga menjadi kebiasaan perilaku warga kampus yang senantiasa menjaga lingkungan.

Sebagai kampus pertanian, IPB terus berupaya untuk menjadi kampus ramah

lingkungan atau green campus.
Pada penganugerahan kali ini, terdapat 719 universitas dari seluruh dunia yang terdaftar dalam UI Green Metric 2018. Di Indonesia sendiri, ada 66 perguruan tinggi yang ikut serta.

Dr. Muhammad Dimyati, M.Sc., Director General of Research and Development Strengthening, Ministry of Research, Technology and Higher Education mengatakan bahwa perguruan tinggi memiliki peran penting dalam memajukan ilmu dan teknologi di Indonesia. Terutama dalam kaitannya dengan perwujudan 17 pilar SDGs. Ia menyatakan, dengan dilakukannya pengukuran ramah lingkungan suatu kampus, dapat menunjang masyarakat untuk ikut serta mewujudkan pilar-pilar SDGs tersebut.

“UI Green Metric harus digaungkan di seluruh dunia, sehingga para calon pemimpin bangsa yang merupakan lulusan dari suatu kampus, memiliki bekal dan senantiasa menerapkan kehidupan yang ramah lingkungan,” tutur M. Dimyati.

Atas capaian prestasi ini, Rektor IPB, Dr. Arif Satria mengatakan, “Saya mengucapkan terima kasih atas kontribusi semua pihak yang telah membawa dan mempertahankan IPB sampai ke posisi ini. Semoga dengan kerjasama dan saling pengertian dapat kita tingkatkan lagi kualitas lingkungan kampus kita,” katanya.

 

Sumber :

https://jeffmatsuda.com/