Cara Menghadapi Anak yang Mogok Bicara

By | October 11, 2019

Cara Menghadapi Anak yang Mogok Bicara

Banyak hal yang menciptakan anak memilih sikap guna enggan berkata dengan orang tuanya. Bahkan, tidak jarang bila penyebabnya ialah masalah yang sepele. Kalau urusan ini terus dibiarkan, dapat menjadi masalah serius.

Oleh sebab itu, ketika menghadapi anak yang mogok bicara, orang tua mesti melakukannya secara perlahan. Ada sejumlah tips yang dapat dipraktikkan, di antaranya merupakan:

1. Biasakan guna mendengar celotehan anak

Komunikasi untuk anak mesti dilaksanakan secara dua arah. Oleh sebab itu, sebagai orang tua, Anda mesti membudayakan diri guna mendengar masing-masing celotehan yang terbit dari mulut anak yang mogok bicara tersebut. Jangan lupa guna tidak menyela kisah mereka. Hal ini akan menciptakan anak merasa lebih diacuhkan dan dihargai.

2. Biasakan untuk mengemukakan pertanyaan untuk anak

Anda tidak melulu harus dapat mendengarkan kisah anak dengan baik. Di masa-masa yang sama, pun harus dapat menggali informasi lebih tidak sedikit dari mereka. Caranya ialah dengan melontarkan pertanyaan yang tepat.

Pertanyaan laksana apa? Pertanyaan yang mewajibkan anak untuk menyatakan secara panjang lebar. Bukan pertanyaan yang dapat dijawab dengan ya atau tidak. Hal ini akan menciptakan anak terbiasa guna menjelaskan kisah dengan rinci. Di masa-masa yang sama, mereka pun tidak bakal merasa terjustifikasi oleh pertanyaan orang tua.

3. Buat suasana membual yang santai

Melakukan obrolan dengan anak mesti dalam keadaan yang santai. Jangan pernah membentak anak dengan suara yang keras. Hal tersebut justeru akan menciptakan anak merasa tertekan. Di samping itu, suara bentakan pun bisa dominan buruk pada perkembangan benak anak.

Oleh sebab itu, sebagai orang tua mesti belajar untuk membuat suasana yang santai dan tenang saat mengobrol dengan si kecil. Anda pun tidak boleh pelit dalam menyerahkan pujian ataupun pelukan. Di samping itu, mengelus kepala si kecil pun menjadi di antara cara supaya anak dapat rileks.

4. Pilih waktu mengobrol yang tepat

Seperti halnya orang dewasa, anak pun mempunyai waktu yang tepat untuk dapat menceritakan masalahnya secara panjang lebar. Misalnya, tidak boleh meminta anak bercerita sepulang mereka sekolah atau sesudah mereka menguras waktunya guna bermain bareng teman. Luangkan waktu untuk mereka supaya bisa beristirahat.

Setelah rasa lelahnya hilang, kita pun dapat mengajak mereka untuk mengobrol dalam keadaan yang santai. Kalau anak merasa nyaman, tidak sulit untuk mereka guna menceritakan sekian banyak hal untuk orang tuanya.

5. Tidak terdapat salahnya untuk menyerahkan sogokan berupa cemilan kesayangan anak

Memberikan sogokan untuk anak juga dapat menjadi salah satu teknik yang efektif supaya mereka dapat membuka mulut. Apalagi, bila Anda dapat menyediakan camilan kesayangan si kecil. Hal ini bakal memperlancar usaha kita dalam menuntaskan masalah anak yang mogok bicara.

Di samping itu, dapat pula memilih untuk menyuruh anak pergi ke lokasi favoritnya. Baik arena permainan ataupun lokasi makan. Suasana yang bertolak belakang bisa menciptakan anak merasa lebih rileks. Dalam situasi ini, si kecil juga akan dapat dengan mudah menerbitkan segala urusan yang terdapat di pikirannya.

Sumber : http://www.mmnt.org/cat/rp/www.pelajaran.co.id