Pelamar SBM PTN Naik Drastis

By | October 1, 2019

Pelamar SBM PTN Naik Drastis

Pelamar SBM PTN Naik Drastis

Pelamar SBM PTN Naik Drastis

JAKARTA – Tren pendaftar seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN)

cukup landai di awal Mei. Namun setelah pengumuman kelulusan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) dikeluarkan Senin lalu (9/5), jumlah pendaftar SBM PTN mengalami kenaikan signifikan.

grafis-snmptn_Jawa-Pos -Koordinator Pokja Humas Panitia SBM PTN Bambang Hermanto menuturkan, tren peningkatan pelamar SBM PTN bisa dilihat dari perbandingan pendaftaran periode Minggu (8/5) dengan data Selasa (10/5) kemarin. ’’Sebab pengumuman SNM PTN kan dikeluarkan Senin siang,’’ jelas staf pengajar Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung itu.

Bambang mengatakan, secara keseluruhan pendaftar SBM PTN hingga kemarin sekitar pukul 16.41

tercatat ada 246.285 orang. Sedangkan jumlah pendaftar SBM PTN sampai Minggu (8/5) pukul 18.08 WIB mencapai 173.338 orang. Itu artinya dalam rentang dua hari, terjadi pelonjakan pendaftar SBM PTN sebanyak 72.998 atau rata-rata 36 ribu perndaftar setiap hari. Sedangkan sebelum pengumuman kelulusan SNM PTN dikeluarkan, rata-rata pendaftar SBM PTN hanya 12 ribu setiap harinya.

Ketua Umum Panitia SNM PTN dan SBM PTN Rochmat Wahgrafis-snmptn_Jawa-Pos -ab mengatakan pendaftar SBM PTN sejatinya bisa dipetakan. Kata dia, SNM PTN dan SBM PTN memiliki kaitan yang erat. Di mana pelamar yang tidak diterima di SNM PTN, kemungkinan besar akan mendaftar SBM PTN.

Dengan demikian, lanjut dia, pendaftar SNM PTN sebalum kelulusan SNM PTN dikeluarkan

, adalah mereka yang lulus SMA 2015 dan 2014. Sementara anak-anak yang lulus SMA 2016, kebanyakan menunggu pengumuman hasil ujian nasional (unas) dan kelulusan SNM PTN.

Rochmat mengatakan, panitia tetap optimistis jumlah pendaftar SBM PTN tahun ini seramai tahun lalu. Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu mengatakan jumlah pendaftar SBM PTN tahun lalu sebanyak 693.185 orang dengan jumlah pelamar lulus tercatat 121.653 orang.

Menurut guru besar bidang pendidikan anak berbakat itu, tahun ini ada potensi pendaftar SBM PTN meningkat. Sebab mulai tahun ini pendaftar SNM PTN dibatasi kuota sesuai akreditasi sekolah. Dia berharap pelamar SBM PTN sudah mulai bersiap menghadapi tes tulis sejak sekarang. ’’Ujian tulis SBM PTN digelar pada 31 Mei,’’ tuturnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) Herry Suhardiyanto mengingatkan, pelamar yang dinyatakan lulus SNM PTN untuk mendaftar ulang 31 Mei nanti. Dia menuturkan, kampus memberikan kepercayaan penuh pada sekolah dalam SNM PTN. Tapi, bila ada siswa lulus SNM PTN tetapi tidak daftar ulang akan menjadi catatan kampus. ”Dia menyia-nyiakan kepercayaan para rektor,” ujar dia

Sumber :

https://pharmacygig.com/teks-observasi/