Solusi Anak Malas Membaca

By | October 18, 2019

Solusi Anak Malas Membaca

Malas membaca dapat terjadi pada anak, andai orang tua terlampau memaksakan anak supaya bisa membaca, namun yang terjadi ialah anak justeru merasa stres dan tertekan. Maka dari itu, tidak boleh heran bilamana anak menjadi malas membaca. Ayah bunda barangkali merasa cemas saat menyaksikan anak tidak mau menyimak atau belajar. Namun, orang tua tidak butuh khawatir sebab semua masalah tersebut ada solusinya. Yuk, anda cari tahu solusinya:

1. Membaca ialah Bermain Bukan Belajar
Bermain identik dengan hal-hal yang menyenangkan, kebalikannya belajar dirasakan kegiatan yang membosankan, melelahkan. Maka dari itu, jadikan menyimak sebagai pekerjaan bermain yang dapat menciptakan anak senang sampai-sampai menyukai pekerjaan membaca. Kita dapat bermain huruf bareng anak melewati benda-benda yang ada di dekat atau seraya bermain. Misalnya, ketika anak sedang bermain bola, tanyakan pada mereka ‘Kak, jajaki tebak bola tersebut hurufnya apa saja ya?’ Pertanyaan seperti tersebut dapat merangsang hendak sekali anak guna menjawab.

Biarkan anak menjadikan kegiatan membaca ialah salah satu variasi dari permainan yang mereka lakukan, bukan sebagai suatu latihan yang mesti mereka pahami. Di samping itu, orang tua juga dapat mengajarkan anak menyimak dengan bernyanyi, kegiatan mewarnai, menebalkan huruf dan lainnya. Jangan tak sempat dampingi anak sekitar mereka belajar membaca.

2. Jangan Paksa Anak Belajar Membaca
Agar kegiatan membaca tidak menjadi sesuatu yang menyeramkan untuk anak-anak, maka orang tua jangan memaksakan anak guna membaca, lagipula saat anak dalam situasi lelah. Diusahakan supaya anak menyimak saat mereka sedang dalam situasi fit dan segar, ayah bunda pun harus menyerahkan pengertian bahwa belajar menyimak bukan mimpi buruk yang menakutkan guna anak.

3. Dampingi Anak Saat Membaca
Ada kalanya anak-anak hendak membaca sesuatu, misalnya kitab cerita. Saat sedang enak-enaknya mereka membaca, orangtua dapat langsung gabung mendampingi anak. Tanyakan untuk anak tentang teknik membaca sebuah kata yang ada dalam kitab cerita. Bisa juga lumayan menanyakan nama-nama benda yang ada di dalam kisah tersebut. Hal ini akan menolong anak dalam memperkaya perbendaharaan kata anak.

4. Ajak Anak Diskusi mengenai Buku yang Dibaca
Mintalah anak membaca kitab cerita yang baru saja dibeli. Lalu ajaklah anak untuk bertukar pikiran tentang kitab baru tersebut. Orang tua dapat menanyakan mengenai pendapat anak, kesan anak, dan gagasan anak tentang kitab yang telah berlalu dibaca. Bila anak belum mengetahui isi kitab tersebut, anda usahakan menolong anak membacakan kitab cerita tersebut.

5. Pilih Cerita yang Sederhana dan Menarik
Anak-anak sangat sulit mengetahui kalimat yang terlampau panjang. Pilihlah kitab cerita yang menggunakan ucapan-ucapan sederhana dan gampang dipahami. Kemasan yang menarik pun akan unik Minat anak guna membaca. Ilustrasi yang menarik, sampul yang keren, dan design kitab yang menarik akan menjadi keistimewaan tersendiri supaya anak mencintai kegiatan membaca.

6. Berikan Pujian Bagi Anak
Setiap anak selesai menyimak satu buku, tidak boleh lupa untuk menyerahkan pujian untuk anak. Pujian untuk anak ialah semangat tersendiri untuk anak sebab dengan pujian anak menjadi semakin paham bahwa apa yang dia lakukan ialah hal yang baik dan membanggakan kedua orang tuanya.

Sumber : www.studybahasainggris.com/