MESIN WORD PROCESSING

By | November 13, 2019

MESIN WORD PROCESSING

MESIN WORD PROCESSING

MESIN WORD PROCESSING

Mesin word processing adalah mesin pengolah kata yang teknologinya lebih tinggi dan lebih otomatis (Eyre E.C,1989:hal 103).

  1. Sistem Kerja

1)      Stand-Alone Systems

Stand-alone systems yaitu pengolah kata dengan memasukkan data sendiri dan seluruhnya beroperasi tanpa bantuan dari peralatan elektronik lainnya. Perbedaannya dengan systems pengolah kata lain adalah pada dasarnya dari format editor teks yang lebih sederhana, dimana papan tombol dan fasilitas pencetakan dipisahkan dan materi yang sedang diperlihatkan pada sebuah layar pajangan secara visual. Hingga teks yang berasal dari cara perolehan kembali untuk penyusunan teks dapat di lihat ketika nampak pada baris dan yang di cetak dapat di koreksi dan di edit sebelum pencetakan dilakukan. Lebih lanjut lagi, dapat membantu dengan adanya program penukaran (analisator menjadi kata jargon) untuk dapat di perlihatkan saat diperlukan. Ini bermanfaat untuk produksi tentang dokumen formal seperti kontrak, didalam sistem kerja dan seperti menyediakan tata ruang standard untuk surat menyurat biasa.

2)      Share Resources Server

Suatu perluasan dari sistem dasar dimana hanya menjelaskan satu yang sering dikenal sebagai sumber daya bersama, dimana dua atau lebih papan tombol, VDU dan instalansi pengolah di hubungkan untuk satu mesin pencetak. Satu pengolah di lengkapi satu pengontrol mesin pencetak sehingga suatu pekerjaan dari stasiun pekerjaan dapat mengantri sampai yang dicetak dapat di proses selanjutnya. Sistem yang demikian membuat penggunaan lebih efesien menyangkut mesin pencetaknya tetapi memerlukan kehati-hatian dalam memogram untuk memastikan operasi berjalan baik.

  1. Keuntungan Mesin Word Processing

1)      Pengetikan berulang dapat dilakukan pada tingkat kerja kira-kira empat kali dari produktivitas seorang juru ketik copy dan itu eror free.

2)      Perkembangan, penghapusan, editing dan koreksi mudah dilakukan baik dalam teks yang ada dan di dalam masukan baru. Hal ini sangat berharga terutama dalam laporan kerja.

3)      Saat perintah, penghapusan, editing atau koreksi tidak perlu di ubah karena akan di cetak secara otomatis dalam kecepatan maksimum dari peralatan.

4)      Tergantung pada peralatan, menyimpan teks dapat di atur kembali di dalam hampir semua layar ketika diperlukan. Ini berlaku juga bagi tabel dan statistik.

5)      Sebagai pengolah kata menjadi lebih populer dalam operator industri dan perdagangan yang bertanggung jawab untuk peralatan sedang memperoleh status.

  1. Kerugian Mesin Word Processing

1)      Sampai taraf tertentu sebagian besar komunikasi menjadi depersonalised dan disana adalah suatu bahaya yang beberapa surat menyurat bisa kekurangan ketepatan oleh  karena ketidaksesuaian penggunaan paragraf dan kalimat, atau standard tak terpikirkan.

2)      Pemula dalam surat menyurat akan mempunyai lebih sedikit kontak dengan mereka yang menghasilkan surat mereka dan dokumen lain.

3)      Seorang juru ketik mentransfer dari suatu mesin ketik konvensional, dan lingkungan melingkup aktivitas yang umum, bagi suatu pengolah kata di temukan pekerjaan yang bukan perseorangan dan sedikit banyaknya terisolasi.

4)      Jika ada sangat banyak mengulangi pencetakan dari memori operator mungkin akan menjadi bosan dan sehingga menjadi teledor.

5)      Akan ada suatu uraian kuasa atau peralatan akan ada gangguan pekerjaan serius.

2.8  Mesin Penghitung

  1. Mesin Penghitung Uang

Dikantor khususnya pegawai bank, sering melakukan pekerjaan hitung menghitung uang dalam jumlah besar yang tentunya hal ini memerlukan ketelitian dan kejujuran dari pegawai yang bertugas.

  1. Mesin Hitung Saku

Mesin hitung saku atau yang biasa di sebut kalkulator adalah mesin hitung yang menggunakan tenaga baterai atau ada pula yang menggunakan tenaga matahari. Mesin hitung saku memiliki ukuran dan bentuk yang bermacam-macam, begitu juga dengan jumlah digit yang berbeda-beda (6,10,12,14 dan 16 tergantung kebutuhan).

  1. Printing Caalculator

Ini adalah kalkulator yang di lengkapi dengan printer untuk mencetak hasil hitungan. Mesin elektronik jenis ini sering digunakan di kantor perusahaan atau toko-toko.

  1. Mesin Kasir (Cash Register)

Mesin Cash register adalah alat yang digunakan untuk menyelesaikan transaksi secara tunai.

  1. Komputer

Secara umum komputer telah menggantikan fungsi mesin tik sebagai alat untuk membuat warkat dan dokumen sekaligus menggandakannya dengan alat pencetak yang disebut printer.

2.9  Mesin Reprography

Salah satu tugas paling umum kantor adalah berbagai macam bentuk mengganda, karena dalam kegiatan perkantoran dibutuhkan sekali mesin-mesin menyalin. Seiring berkembangnya tekhnologi, mesin fotocopy juga mengalami kemajuan dalam desain yang menggunakan metoda elektronik. Dan aplikasi penyalinan nya secara umum sama dengan reprography. Berikut macam-macam mesin reprography:

1)      Mesin Stensil

Mesin stensil tidak lain adalah penghasil dokumen berbentuk lembaran dalam jumlah banyak dengan menggunakan pembantu “kertas master” yang disebut dengan stensil sheet. Bila dua warna atau lebih diperlukan pada salinan akhir, stensil yang terpisah harus dibuat dan penduplikasian yang terpisa harus di jalankan untuk setiap warna.

Cara pengoperasian mesin stensil adalah sebagai berikut:

  1. Sebelum mengetik pada sheet sensil sebaiknya huruf pada tuts dibersihkan terlebih dahulu dengan sikat kawat halus karena sering kotor terkena endapan beas karbon.
  2. Sheet stensil harus benar-benar rata pada roll mesin tik agar menghasilkan bekas ketikan yang baik di sheet stensil.
  3. Pengetikan pada sheet stensil sebaiknya tidaak perlu tergesa-gesa.hal ini dikarenakan kesalahan pengetikan memang dapat di betulkan dengan koreksi, tetapi akan menghasilkan pencetakan yang kurang memuaskan.
  4. Di dalam menghentak tuts tidak perlu ekstra kuat, tetapi dengan normal hentakan normal saja sudah cukup untuk menghasilkan cetakan yang baik.
  5. Senantiasa membaca dulu hasil ketikan sebelum kita melepaskannya dari mesin.
  6. Stensil terdiri atas suatu lapisan bahan dengan pelapis yang kedap tinta. Stensil di gores, entah dengan mesin tik (tanpa tinta) atau dengan tulisan tangan atau digambari dengan pena khusus. Master dapat pula disiapkan dengan proses pengopian pemindahan panas atau dengan pemotong stensil elektronik.
  7. Tinta di tekan menembus goresan pada stensil ke kertas yang melekat rapat. Mesin putar, kemudian di operasikan, bila menggunakan tangan atau listrik.

Cara pemeliharaan mesin stensil adalah sebagai berikut:

  1. Selalu dibersihkan dari kotoran yang berupa debu, serbuk kertas dan lain-lain.
  2. Diletakkan di tempat yang kering dan tidak di sinar matahari langsung.
  3. Roll perataan tinta/cairan di bersihkan oleh sabun.
  4. Kain penyaring dibersihkan dengan bensin.
  5. Setelah dibersihkan, pada bagian yang berputar di beri minyak pelumas.

2)      Mesin Fotokopi

Mesin fotokopi adalah alat untuk menggandakan dokumen dengan memperbesar atau memperkecil ukuran dari aslinya. Mesin fotokopi merupakan alat pengganda yang praktis, karena siap setiap saat bila di perlukan.

Fotokopi berarti suatu  proses penyalinan suatu warkat atau dokumen dengan sistem pemotretan. Naskah asli yang di gandakan dengan mesin fotokopi ini akan menghasilkan rekaman naskah yang baik kualitasnya dan mirip atau mendekati aslinya, tetapi berwarna hitam tulisannya. Oleh karena itu banyak orang yang mempergunakan jasa fotokopi untuk menggandakan naskah, baik untuk keperluan pribadi, dinas, maupun kepentingan pendidikan.  Salinan dapat dibuat pada kertas biasa atau kertas khusus, transparasi atau master duplikasi.

Cara pemeliharaan mesin fotokopi adalah sebagai berikut:

ü  Setelah selesi dipakai, kita harus melepaskan mesin fotokopi dari saklar listrik agar tidak terlalu panas mesinnya.

ü  Kita harus membersihkan mesin fotokopi tersebut pada bagian papan kaca dan lainnya setiap seminggu sekali.

ü  Sesudah mesin fotokopi dipakai, diharapkan di tutup kembali agar terbebas dari debu dan air.

3)      Scanner

Scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda seperti dokumen, foto, gelombang, suhu, dll. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan di transformasikan ke dalam komputer sebagai data digital.

Komputer juga harus di install dengan aplikasi khusus scanner tersebut, sehingga scanner dapat digunakan. Terdapat beberapa jenis pemindai bergantung pada kegunaan dan cara kerjanya, antara lain:

ü  Pemindai gambar.

ü  Pemindai barcode.

ü  Pemindai sinar-X.

ü  Pemindai cek.

ü  Pemindai logam.

ü  Pemindai Optical Mark Reader (OMR)

Baca Juga :