PENGARUH MUSIK TERHADAP KECERDASAN ANAK

By | December 23, 2019

PENGARUH MUSIK TERHADAP KECERDASAN ANAK

PENGARUH MUSIK TERHADAP KECERDASAN ANAK

PENGARUH MUSIK TERHADAP KECERDASAN ANAK

Pengaruh musik pada kecerdasan anak, tidak hanya kecerdasan berpikir saja, namun juga kecerdasan emosi. Tapi yang pasti, orang tua perlu cermat memilih jenis musik bagaimana yang positif dampaknya dalam menstimulasi otak si kecil.
Musik yang dapat dipergunakan untuk pendidikan dan alat mempertajam kecerdasan manusia adalah musik yang mempunyai keseimbangan 3 unsur:

– Melody
– Ritme
– Timbre (tone colour)

Hasil penelitian Prof. Gordon Shaw dari Universitas California, Los Angeles, membagi sekelompok anak menjadi 3 kelompok:

– Belajar Musik
– Belajar Komputer
– Belajar Keterampilan

Ternyata kelompok pertama menunjukkan perkembangan yang dramatis, yaitu 35% lebih cerdas dari kelompok kedua maupun ketiga.

Usia 3-4 sampai 6 tahun adalah masa yang paling tepat untuk mulai belajar musik, karena masa ini adalah masa terbaik pada perkembangan pendengaran.

Music Wonderland Course

Apakah Music Wonderland itu?
Kaya di dalam musik serta rancangan kurikulum yang menarik untuk kursus ini dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi anak-anak untuk belajar musik, membuat perkenalan pertama terhadap musik menjadi menarik dan menyenangkan. Kursus ini memadukan kedinamisan musik dengan aktivitas fisik dan mental yang menstimulasi indra-indra musik mereka dan menolong mempersiapkan mereka untuk berbagai macam variasi pendidikan musik di kemudian hari.

Apa keuntungan yang didapat anak anda dari Music Wonderland?
Mengembangkan/menumbuhkan minat anak terhadap musik, mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak, memperdalam apresiasi terhadap musik bagi anak, mendorong komunikasi terhadap sesama, memberikan dasar yang kuat dalam diri anak untuk dapat lebih mudah menguasai musik di masa depan.

KMA (Kursus Musik Anak-anak)

Metode belajar di KMA merupakan metode yang sangat efektif untuk diterapkan pada usia 4-5 tahun, dimana anak-anak dirangsang untuk mencintai musik, dan melalui kursus ini juga dikembangkan minat mereka untuk mempelajari musik, dengan cara bermain. Bermain merupakan dunia yang tidak dapat dipisahkan dari anak-anak.

Agar anak-anak bisa menikmati suasana learning by hearing, singing, playing and reading, maka pelajaran KMA setiap minggu dirancang seperti sebuah acara “REKREASI KE DUNIA MUSIK” dengan berbagai imajinasinya, sehingga perkenalan pertama terhadap musik menjadi menarik dan menyenangkan.

Sambil bermain, anak-anak akan memperoleh pengetahuan dasar musik secara bertahap, sehingga akhirnya dapat memainkan musik dengan penuh rasa percaya diri.

KMJ (Kursus Musik Junior)

Kurikulumnya dirancang untuk dapat menciptakan lingkungan yang nyaman bagi anak untuk belajar musik dan disesuaikan dengan anak usia 6-8 tahun, dimana pada usia tersebut anak-anak cenderung memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap segala hal. Jika saat itu diimbangi dengan belajar musik, niscaya keingintahuannya tersalurkan sehingga kecerdasan dan kepekaannya meningkat. Rangsangan pada otot di ujung jari saat berlatih musik ikut memacu perkembangan otaknya.

Didalam kursus yang diajarkan dengan mudah dan menyenangkan ini, materi edukasi (buku-buku, kaset & CD) yang disusun sebagai materi pelajaran yang disesuaikan dengan kondisi psikologis anak-anak, dengan lagu-lagu seperti “Mari Ke Kebun Binatang”, dll.

Mereka juga dibimbing untuk belajar bernyanyi dan melatih pendengaran, membuat aransemen serta membuat lagu. Pasti banyak manfaat yang diambil oleh putra-putri anda.

KGJ (Kursus Gitar Junior)

Untuk siswa berusia 7-10 tahun, dapat mengikuti Kursus Gitar Junior (KGJ) yang menggunakan gitar Yamaha tipe CS-40 berukuran junior (3/4 kali ukuran standart) dan tipe CGS-102 (1/2 kali ukuran standar) untuk memudahkan anak-anak memegang dan memainkannya. Metodenya efektif dan efisien dengan sistem belajar group lesson yang terdiri dari 3-4 anak tiap groupnya. Sedangkan bagi yang berusia di atas 10 tahun, dapat mengikuti Guitar Course dengan memilih kelas group atau privat.

Baca Juga :