Debian GNU Linux

By | March 13, 2020

Debian GNU Linux

Debian GNU Linux

Debian GNU Linux

Asal : Global
Paket : DEB
Desktop : Gnome
Release terakhir : Debian GNU/Linux 6.0 (Squeeze)
Debian merupakan salah satu distribusi linux yang lama. Debian Linux hadir dengan lebih dari 20.000 paket yang dengan mudah diinstall kedalam komputer dalam bentuk “precompile software” Debian pertama kali diperkenalkan oleh Ian Murdock. Nama Debian sendiri diambil dari nama pacarnya (sekarang menjadi istri) Debra dan namanya Ian.
redhatredhat
Asal : USA
Paket : RPM
Desktop : Gnome
Pusat : Raleigh, North Carolina USA
Penemu : Bob Young dan Marc Ewing
Release terakhir : red hat Enterprise Linux 6.0
redhat linux merupakan salah satu distro linux tertua yang lahir pada tahun 1994 dan sampai sekarang masih terus di release dalam bentuk Enterprise. Karena memang redhat sangat terkenal terutama di dunia server.

gentooGentoo
Asal : USA
Paket : SRC (Portage)
Release terakhir : Gentoo Linux 11.0
Gentoo Linux fleksibel dan cepat itulah mengapa mengambil nama gentoo yaitu sejenis penguin perenang cepat. Sebuah distro yg diarahkan pada para pengembang dan profesional jaringan. Tidak seperti distro-distro linux pada umumnya, Gentoo memiliki paket manajemen tingkat lanjut yang bernama portage. Distro berbasis source code dimana harus dikompilasi dari awal untuk memaksimalkan kecepatan.
Ubuntu
Asal : Isle Of Man
Paket : DEB
Dekstop : Gnome
Release terakhir : Ubuntu 11.10
“Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”. Ubuntu juga bisa berarti “aku adalah aku karena keberadaan kita semua”. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Kini Ubuntu menjadi distro linux berbasis Debian yang paling populer di dunia.

fedoraFedora
Asal : USA
Paket : RPM (yum)
Desktop : Gnome
Release terakhir : Fedora 16
Proyek Fedora adalah proyek dibangun secara terbuka oleh komunitas dan didesain oleh Red Hat. Nama fedora diambil dari jenis topi (fedora) yang dipakai oleh pria di logo Red Hat.
knoppixKnoppix
Asal : Jerman
Paket : DEB
Dekstop : LXDE
Release terakhir : KNOPPIX 6.7.1
Sebuah distro live cd yang diciptakan oleh Klaus Knopper dan dinamakan Knoppix berdasarkan namanya sendiri. Memiliki pengenalan hardware yang baik, selain sering digunakan untuk demo, Knoppix juga dapat di gunakan untuk CD pendidikan juga dapat dipakai untuk pertolongan pada system.

Sumber : https://bingo.co.id/