Ini Dia Cara Mengatasi Memori Internal Android yang Penuh

By | April 13, 2020

Ini Dia Cara Mengatasi Memori Internal Android yang Penuh

 

Ini Dia Cara Mengatasi Memori Internal Android yang Penuh

Ini Dia Cara Mengatasi Memori Internal Android yang Penuh

Saat pertama kali membeli smartphone, kamu mungkin berpikir bahwa penyimpanan internal 16GB dan 32GB adalah kapasitas yang besar. Namun seiring dengan pemakaian, kamu akan sadar bahwa penyimpanan smartphone dengan kapasitas “segitu” adalah sangat kecil.

Terutama jika kamu adalah seorang maniak selfie. Ingin tidur, selfie. Ingin makan, selfie. Ingin berangkat kerja, selfie. Bahkan ingin selfi pun, kamu selfie. Sehingga lama kelamaan penyimpanan internal smartphone android kamu semakin penuh dan penuh.

Belum lagi dengan data-data seperti lagu dan video yang kamu koleksi. Akan menambah sesak ruang penyimpanan

internal smartphone kamu. Ditambah lagi dengan banyaknya aplikasi yang kamu pasang, membuat penyimpanan internal 16GB seperti tidak ada artinya.

Jika sudah begitu, maka mau tidak mau kamu harus melakukan hal-hal dibawah ini.

Hapus aplikasi yang sudah jarang digunakan

Salah satu langkah paling bijak untuk membebaskan ruang penyimpanan yang sudah mulai penuh adalah dengan menghapus aplikasi-aplikasi yang mulai jarang kamu gunakan.

Lihat kembali semua aplikasi yang terpasang di smartphone kamu, lalu hapus aplikasi-aplikasi yang sudah jarang kamu gunakan. Pasti ruang penyimpanan kamu akan kembali lega.

Pindahkan data ke flashdisk atau laptop

Jika kamu punya cukup banyak koleksi foto, video, dan file musik, maka jangan biarkan mereka bersarang di smartphone kamu. Pindahkanlah ke laptop ataupun flashdisk.

Jika data-data tersebut sudah pindah ke laptop ataupun flashdisk, kamu bisa menghapus yang ada di smartphone. Dengan begitu, penyimpanan smartphone kamu akan terbebas dari yang namanya kepenuhan.

Hapus data aplikasi

Seiring dengan pemakaian, ukuran aplikasi akan terus bertambah besar karena data-data penggunaan yang kian banyak. Kamu bisa menghapus data aplikasi untuk membebaskan ruang penyimpanan smartphone.

Menghapus data aplikasi tidak sama dengan menghapus aplikasi. Mengenain hal ini, kamu bisa membaca pada

postingan berikut ini.

Pindahkan data ke aplikasi cloud storage

Jika flashdisk atau laptop kamu juga sudah penuh, maka kamu bisa menggunakan aplikasi cloud storage seperti Dropbox, Mega, dan Google Drive untuk menyimpan data-data yang ada di smartphone. Ketika data-data telah tersimpan di aplikasi cloud storage, kamu bisa menghapus data-data yang masih berada di penyimpanan internal smartphone.

Beberapa vendor smartphone juga biasanya memiliki layanan cloud storage nya masing-masing. Xiaomi dengan Mi Cloud nya, Samsung dengan Samsung Cloud nya, dan lain-lain. Kamu bisa memanfaatkan itu semua.

Pindahkan data dan aplikasi ke penyimpanan eksternal

Kamu cukup beruntung jika memiliki smartphone dengan slot penyimpanan eksternal. Pindahkan data-data dan

aplikasi yang tersimpan di memori internal ke memori eksternal.

Kesimpulan

Itu dia cara-cara sederhana mengatasi penyimpanan internal smartphone android yang mulai penuh. Intinya, jangan panik. Selalu ada jalan menuju roma.

Sumber:

https://galleta.co.id/starlost-apk/