jenis obligasi, diantaranya

By | April 14, 2020

jenis obligasi, diantaranya

jenis obligasi, diantaranya

jenis obligasi, diantaranya

Ada beberapa sudut pandang yang digunakan untuk menentukan jenis obligasi, diantaranya :
Dari sisi pihak yang menerbitkan obligasi, maka obligasi dapat dikelompokkan menjadi :
1. Obligasi korporasi (corporate bonds) yaitu obligasi yang diterbitkan perusahaan, baik perusahaan publik seperti misalnya Telkom, Indosat maupun perusahaan non public seperti PLN, perdagangan dan lainnya.
2. Obligasi pemerintah (government bonds) yaitu obligasi atau surat utang yang dikeluarkan pemerintah seatu Negara. Di Indonesia jenis obligasi ini terbagi atas obligasi Rekap, Obligasi Penjaminan dan Surat Utang Negara (SUN).
3. Obligasi pemerintah daerah (municipal bonds) yaitu obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah daerah.
Dari sisi tingkat suku bunga atau kupon yang ditawarkan, obligasi dapat dibedakan menjadi :
1. Fixed Rate, yaitu obligasi yang memberikan kupon dengan prosentase yang tetap. Misalnya, obligasi A diterbitkan dengan tingkat kupon Fixed Rate sebesar 14% per tahun selama 5 tahun. Artinya memegang obligasi akan menerima kupon yang tetap selama masa berlaku obligasi tersebut.
2. Floating rate, yaitu obligasi yang besarnya kupon tidak dipatok tetap, melainkan berdasarkan ukuran tertentu. Misalnya obligasi B, diterbitkan selama 5 tahun dengan kupon 2% diatas SBI. Artinya selama 5 tahun pemegang obligasi akan menikmati return sebesar 2% diatas tingkat suku bunga SBI. Jadi besarnya kupon tergantung perkembangan tingkat suku bunga SBI selama 5 tahun tersebut.
Jenis obligasi lain yang belakangan mulai berkembang di Indonesia yaitu obligasi syariah. Ciri utama obligasi syariah adalah tidak mengenal kupon, karena penerimaan suku bunga dianggap riba’ dalam sistem syariah.
Obligasi syariah yang dikembangkan di Indonesia terbagi atas :
1. Obligasi syariah Mudharabah, yaitu obligasi yang diterbitkan dengan mengacu kepada system bagi hasil
2. Obligasi syariah Ijarah, yaitu obligasi yang diterbitkan dengan mengacu kepada system pembayaran sewa.

Baca Juga :