Pengertian Kecelakaan Kerja

By | April 25, 2020

Pengertian Kecelakaan Kerja

Pengertian Kecelakaan Kerja

Kecelakaan adalah

suatu kejadian yang tidak diduga semula dan tidak dikehendaki yang mengacaukan proses yang telah diatur dfari suatu aktivitas dandapat menimbulkan kerugian baik korban manusia dan atau harta benda (Depnaker, 1999:4).


Kecelakaan kerja ( accident ) adalah suatu kejadian atauperistiwa yang tidak diinginkan yang merugikan terhadap manusia, merusak hartabenda atau kerugian terhadap proses (Didi Sugandi, 2003 : 171).


Kecelakaan Kerja adalah sesuatu yang tidak terduga dan tidak diharapkan yang dapat mengakibatkan kerugian harta benda, korban jiwa / luka / cacat maupun pencemaran. Kecelakaan kerja merupakan kecelakaan yang terjadi akibat adanya hubungan kerja, (terjadi karena suatu pekerjaan atau melaksanakan pekerjaan).


Kecelakaan kerja juga dapat didefinisikan suatu kejadian yang tidak dikehendaki dan tidak diduga semula yang dapat menimbulkan korban manusia dan atau harta benda tentunya hal ini dapat mengakibatkan kerugian jiwa serta kerusakan harta benda.


Dengan demikian menurut definisi tersebut ada 3 hal pokok yang perlu diperhatikan :

  1. Kecelakaan merupakan peristiwa yang tidak dikehendaki
  2. Kecelakaan mengakibatkan kerugian jiwa dan kerusakan harta benda
  3. Kecelakaan biasanya terjadi akibat adanya kontak dengan sumber energi yang melebihi ambang batas tubuh atau struktur.

Sumber: https://apotekpurwosarifarma.co.id/traffic-racer-planet-apk/