6 Cara Mengatasi DDOS Attack Pada Situs Maupun Jaringan, Kamu Harus Tahu!

By | May 4, 2020

6 Cara Mengatasi DDOS Attack Pada Situs Maupun Jaringan, Kamu Harus Tahu!

 

6 Cara Mengatasi DDOS Attack Pada Situs Maupun Jaringan, Kamu Harus Tahu!

6 Cara Mengatasi DDOS Attack Pada Situs Maupun Jaringan, Kamu Harus Tahu!

Bagi kalian yang sedikit banyak belajar tentang jaringan komputer, mungkin sudah pernah mendengar istilah DDOS attack. Apa sih artinya? Di jaman yang serba modern ini, jaringan internet merupakan hal yang sangat penting. Kita pasti sering menggunakan internet untuk berbagai macam kebutuhan setiap harinya. Namun tahukah kalian bahwa di internet sendiri juga ada berbagai tindak criminal yang disebut sebagai cyber crime? Dan DDOS attack merupakan salah satu contohnya.

Pengertian Apa Itu Serangan DDOS Serta Bagaimana Cara Mencegahnya

Daftar Isi

Pengertian Apa Itu Serangan DDOS Serta Bagaimana Cara Mencegahnya
Apa Itu DDOS Attack?
Jenis-Jenis Serangan DDoS
#1. Ping of Death
#2. UDP Flooding
#3. Syn Flooding
#4. Remote Controlled Attack
#5. Smurf Attack
Solusi dan Cara Menangkal Serangan DDoS
Tutorial Menghentikan DDoS Attack

Dalam kesempatan kali ini, Mastekno akan mengajak kalian semua untuk belajar tentang apa itu serangan DDOS. Mungkin saja kalian sedang mengalaminya sehingga mencari solusi untuk menghentikan DDOS attack tersebut. Tanpa berlama-lama lagi, mari langsung saja kita simak berikut ini.

Apa Itu DDOS Attack?

pengertian cara mengatasi ddos attack

Distributed Denial of Service Attack merupakan usaha yang dilakukan untuk membuat sebuah jaringan ataupun server menjadi down dan tidak dapat bekerja dengan baik. Usaha yang dimaksud disini adalah dengan mengirimkan spam dengan jumlah yang sangat banyak secara bersamaan. Hal itu akan menyebabkan server menjadi tidak mampu menahann luapan data dan akhirnya down. Lalu kenapa DDoS itu dilakukan? Kebanyakan untuk tujuan jahat atau kadang juga karena iseng.

Jenis-Jenis Serangan DDoS

pengertian cara mengatasi ddos attack

Perlu kalian ketahui, ada beberapa metode DDoS yang dikenal saat ini. Masing-masing punya cara kerja dan tujuan tersendiri tergantung pelakunya. Untuk lebih mengetahuinya, langsung saja kita lihat berikut ini :

#1. Ping of Death

Pada umumnya, ping digunakan untuk mengecek posisi dari sebuah alamat IP situs/website. Namun ada orang-orang yang menggunakan ping untuk mengirimkan data hingga berukuran 65 KB secara masif. Dulu metode seperti ini sangat sering digunakan, namun kini sudah tidak terlalu efektif lagi. Hal ini karena perkembangan jaringan yang sudah memiliki bandwidth besar sehingga metode ini sudah tidak ampuh lagi.

#2. UDP Flooding

Dengan memanfaatkan protokol UDP, serangan tipe ini akan mengirimkan paket data dengan jumlah besar secara bersamaan. Akibatnya si komputer penerima tidak akan sanggup untuk menangani data terlampau besar tersebut dan akhirnya mengalami hang. Dan sulitnya lagi, si penyerang bisa menyembunyikan identitasnya dengan teknik spoofed.

#3. Syn Flooding

Bermula saat kedua buah komputer mulai melakukan sambungan komunikasi, maka pelaku akan mengirimkan pesan ‘syn ask’ kepada korbannya. Malangnya, pesan ini malah dikirim dalam jumlah yang sangat banyak sehingga penerima juga harus ‘menjawab’ permintaan tersebut. Hal ini akan menyebabkan komputer penerima menjadi kelebihan beban dan tidak dapat menanganinya. Lagi-lagi pelaku juga dapat menyembunyikan identitasnya agar tindak kriminal ini tidak diketahui

#4. Remote Controlled Attack

Seperti namanya, metode yang satu ini seperti seorang pengendali boneka. Dalam artian pelaku akan mengontrol beberapa komputer/server besar yang nantinya akan digunakan untuk menyerang targetnya. Tentu dampak dari metode yang satu ini sangat besar karena menggunakan beberapa server dengan bandwidth yang besar pula. Dan pelaku pun juga bisa bersantai karena ia bisa bersembunyi dibalik server dan tidak terlacak.

#5. Smurf Attack

Metode yang satu ini akan memanfaatkan Internet Control Message Protocol. Sebuah echo request yang biasanya ia digunakan untuk mengirimkan broadcast ke alamat jaringan tertentu. Dan ketika ada komputer yang menyambungkan ke jaringan tersebut, maka ia akan menjawab request yang dikirimkan tadi. Akibatnya komputer akan kelebihan beban karena trafik data yang masuk melebihi kapasitasnya. Pelaku juga bisa menyamarkan diri dengan mengganti alamat IP nya dengan milik orang lain.

Solusi dan Cara Menangkal Serangan DDoS

pengertian cara mengatasi ddos attack

DDoS Attack merupakan tindak kejahatan yang bisa sangat merugikan dari berbagai aspek. Jika tidak segera diatasi, maka hal ini akan menyebabkan berbagai hal buruk lainnya. Nah kira-kira bagaimana ya cara agar tidak terkena DDoS lagi? Berikut ini Mastekno akan memberikan beberapa tips ampuh yang bisa kalian coba :

Gunakan tipe patch keamanan terbaru agar bug-bug yang ada diperbaiki sehingga meminimalsir adanya resiko serangan DDoS.
Disarankan untuk menggunakan firewall agar nantinya bisa memilah trafik masuk maupun keluar dari komputer dan server. Ini cukup ampuh untuk mengecilkan resiko Syn Flooding akibat trafik yang tidak jelas asalnya.
Curiga bahwa komputer kalian dikendalikan oleh orang jahat untuk tujuan DDoS? Maka kalian perlu melakukan pencegahan dengan firewall dan juga Instrusion Detection System (IDS). Jika kalian lah korban dari Remote Controlled Attack, silahkan lakukan blocking terhadap alamat IP dan port penyerang.
Untuk mengatasi serangan dengan metode UDP Flooding, kalian bisa mematikan semua layanan UDP yang masuk ke server.
DDoS Smurf Attack bisa diatasi dengan mudah apabila kalian mendisable broadcast address pada router kalian. Lakukan penyaringan pada ICMP echo request firewall kalian. Dengan begitu ia akan membatasi trafik ICMP sehingga tidak membludak.
Pakai software keamanan jaringan komputer yang canggih dan mutakhir. Dengan begitu kalian akan memiliki proteksi dan lebih aman dari serangan DDoS.

Tutorial Menghentikan DDoS Attack

pengertian cara mengatasi ddos attack

Apakah ada dari kalian yang dibuat pusing karena terkena serangan DDoS? Tentu akan sangat menjengkelkan jika kita tidak segera menemukan solusinya. Nah mastekno datang untuk memberikan tips ampuh agar bisa menangkal DDoS Attack :

Pakai software untuk memantau trafik pada jaringan misal saja seperti wireshark.

Pilah dan cari alamat IP yang digunakan untuk menyerang. Biasanya memiliki banyak koneksi secara bersamaan dalam 1 alamat IP.
Block alamat IP tersebut sehingga tidak akan bisa melakukan serangan DDoS lagi.
Terus berusaha sampai semua serangan berhenti sepenuhnya.

Demikian pengertian dan cara mengatasi serangan DDoS pada komputer, server maupun jaringan. Semoga tips diatas bisa membantu untuk melindungi diri dari serangan DDoS yang bisa membuat server menjadi down. Selalu waspada dan gunakan keamanan jaringan yang baik agar tidak mudah terkena serangan DDoS. Jika kalian punya saran atau pertanyaan seputar artikel diatas, silahkan bertanya dibawah.

Sumber:

https://ngelag.com/seva-mobil-bekas/