Infrastruktur jadi pekerjaan rumah Kominfo lima tahun ke depan

By | May 13, 2020

Infrastruktur jadi pekerjaan rumah Kominfo lima tahun ke depan

Infrastruktur jadi pekerjaan rumah Kominfo lima tahun ke depan

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut pekerjaannya selama lima tahun belakangan ini sebagai “pembantu presiden”, khususnya dalam bidang telekomunikasi dan dunia digital.

Baca juga: Rudiantara: Keamanan siber perlu satu kebijakan untuk kawasan ASEAN

“Senang bantu presiden, bantu Pak Jokowi, bantu Pak JK. Mudah-mudahan saya pembantu yang baik,” kata Rudiantra di Jakarta beberapa waktu lalu.

Suka-cita menjadi “pembantu presiden” juga diucapkan lagi dalam acara ramah-tamah menjelang akhir jabatan Rudiantara sebagai Menkominfo di Kabinet Kerja pada Kamis (17/10) lalu.

“Saya senang bekerja, membantu presiden. Kalau membantu orang lain senang saya juga senang,” kata dia.

Selama lima tahun membantu presiden, dia mengarahkan Kominfo fokus

bekerja membangun infrastruktur untuk meratakan akses telekomunikasi dan jaringan internet di seluruh wilayah di Indonesia. Proyek yang sudah dan sedang dilaksanakan untuk membangun infrastruktur antara lain adalah Palapa Ring dan satelit Satria.

Infrastruktur ini juga diharapkan bukan hanya untuk akses komunikasi,

namun juga untuk mendorong perusahaan rintisan berbasis teknologi, sesuai dengan misi pemerintah menjadi kekuatan terbesar ekonomi digital di Asia Tenggara pada 2020.

Berbicara mengenai akses telekomunikasi, Rudiantara menilai

kementerian masih perlu berfokus pada pembangunan infrastruktur karena Indonesia tergolong terlambat dalam membangun infrastruktur.

 

Baca Juga :