Jenis Error Code di Google Play Store dan Cara Menanganinya

By | May 10, 2020

Jenis Error Code di Google Play Store dan Cara Menanganinya

 

Jenis Error Code di Google Play Store dan Cara Menanganinya

Jenis Error Code di Google Play Store dan Cara Menanganinya

Google Play Store merupakan tempat paling aman dan mudah untuk mengunduh jutaan aplikasi dan permainan serta mengakses konten hiburan lainnya di perangkat Android. Meski tampak stabil, tetapi ternyata layanan ini juga kerap kali mengalami masalah seperti bug dan error saat pengguna hendak membuka dan mengunduh aplikasi yang ada di layanan tersebut.

Kesalahan atau error ini biasanya akan muncul dalam bentuk kode-kode yang telah disajikan oleh Google selaku penyedia layanan tersebut. Sejumlah kode error yang seringkali muncul pada Google Play Store yakni Error 944, Error DF-BPA-09, Error DF-DLA-15, Error 103, Error 919, Error 491/923, Error 403, Error 927, dan lain-lain.

Umumnya kode-kode ini akan muncul setiap kali Google Play Store tidak merespons atau tiba-tiba mengalami masalah yang tidak jelas penyebabnya. Peringatan kode pun biasanya muncul tanpa adanya informasi yang jelas dan solusi untuk memperbaiki error yang terkadang menjengkelkan.

Tirto telah merangkum sejumlah kode error yang sering terjadi di Google Play Store beserta solusi untuk memperbaikinya. Berikut adalah ulasan dari sejumlah kode error beserta solusi mengatasinya sebagaimana dikutip dari laman Android Authority dan Life Wire.

Error 944

Ini adalah salah satu kode error yang paling umum dialami oleh pengguna Android. Kode error 944 biasanya muncul akibat adanya gangguan pada server Google Play Store. Tak perlu utak atik pengaturan apapun, cukup sabar menunggu beberapa saat dan cobalah buka kembali Google Play Store di perangkat Android.

Error 941 / 927 / 504 / 495 / 413 / 406 / 110 / rh01 / rpc:aec:0

Jika pengguna memiliki masalah ketika mengunduh aplikasi dari Play Store, pengguna mungkin akan mendapatkan kode error 495, 110 atau nomor lainnya seperti di atas. Sejumlah kode error ini memiliki penyebab yang berbeda tapi bisa diatasi dengan cara yang sama.

Pertama, pengguna bisa menghapus cache yang ada di Play Store dengan menuju ke Settings > Apps & notifications > See all apps > Google Play Store > Storage & cache > Clear Storage & Clear Cache. Jika kode error tersebut masih muncul, gunakan cara yang kedua yakni dengan memasukkan akun Google yang berbeda pada aplikasi Play Store di perangkat Android.

Error DF-BPA-09

Kode error DF-BPA-09 merupakan salah satu kode yang juga seringkali dialami pengguna Play Store khususnya bagi mereka yang sedang mengunduh aplikasi berbayar.

Solusi tepat yang bisa pengguna lakukan adalah dengan menghapus data dan cache yang dapat diakses melalui menu Settings > Apps & notifications > See all apps > Google Services Framework > Storage & cache > Clear Storage & Clear Cache.

Error DF-DLA-15

Kode error yang satu ini biasanya berkaitan dengan pembaruan aplikasi atau unduhan baru. Cara tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menghapus cache dan data dari Play Store. Jika tidak berhasil, pengguna bisa mencoba untuk melakukan log-in ulang akun Google di aplikasi Play Store.

Error 103

Kode error 103 pada umumnya berkaitan dengan kompatibilitas antara perangkat Anda dan aplikasi yang Anda coba instal.
Kode ini biasanya muncul lantaran Google tidak mengizinkan Anda untuk menginstal aplikasi yang tidak kompatibel,

tetapi terkadang hal ini juga bisa disebabkan adanya bug atau kesalahan server. Solusi terbaik adalah Anda bisa menunggu beberapa saat dan coba menginstalnya kembali.

Error 919/101/923/921

Kode error ini merupakan yang paling sederhana, sebab permasalahannya hanya terletak pada ruang penyimpanan di perangkat yang tidak mencukupi untuk meng-install atau memperbarui aplikasi sepenuhnya. Hal yang bisa dilakukan adalah menghapus beberapa aplikasi tak terpakai atau pindahkan beberapa data seperti foto, video, dan musik ke perangkat yang lain agar ruang penyimpangan menjadi lega.

Error 491

Muncul kode error 491 berarti tidak memungkinkan untuk mengunduh atau memperbarui aplikasi karena adanya kesalahan teknis.
Hal yang paling disarankan adalah untuk mencoba melakukan log-in kembali akun Google Anda di aplikasi Play Store tersebut.

Error 403

Kode error ini hampir serupa dengan error 491, di mana kode ini terkait dengan kesalahan teknis pada proses unduh

dan memperbarui aplikasi. Bedanya, kode error 403 terjadi akibat adanya beberapa akun Google yang mengunduh dan menginstal aplikasi di satu perangkat yang sama. Cara mengatasinya adalah dengan menghapus aplikasi yang terinstal di salah akun Google tersebut. Kemudian unduh kembali aplikasi tadi di perangkat yang sama.

Error 481

Jika Anda mendapatkan peringatan kode error 481, hal ini memungkinkan bahwa ada kesalahan fatal pada akun Google Anda.
Satu-satunya cara untuk mengatasi ini adalah dengan menghapus akun lama Anda dan kemudian membuat akun baru untuk kembali bisa mengakses layanan Play Store tersebut.

Error 911

Kode ini memiliki beberapa kemungkinan penyebab yang salah satunya adalah terkait pada koneksi WiFi yang

mengalami gangguan atau memerlukan login untuk mengautentikasi ulang jaringan WiFi tersebut.

Selain itu, kode error 911 ini juga bisa terjadi karena masalah pada data dan cache di Play Store yang dapat diatasi dengan menghapusnya melalui menu Settings > Apps & notifications > See all apps > Google Play Store > Storage & cache > Clear Storage & Clear Cache.

Baca Juga: