KEUNTUNGAN PERJANJIAN RENVILLE BAGI INDONESIA

By | May 4, 2020

KEUNTUNGAN PERJANJIAN RENVILLE BAGI INDONESIA

KEUNTUNGAN PERJANJIAN RENVILLE BAGI INDONESIA

1. INDONESIA MEMILIKI KEDUDUKAN YANG SAMA DENGAN BELANDA

Perjanjian Renville memang menimbulkan banyak sekali konflik secara internal dan juga eksternal, namun di sisi lain perjanjian ini masih memberikan Indonesia beberapa keuntungan. Salah satunya adalah diakuinya Indonesia sebagai negara yang berdaulat dan memiliki kedudukan yang sama dengan Negara Belanda.

Tentu saja adanya persamaan kedudukan ini membuat Indonesia selangkah lebih maju, baik dari masyarakat sendiri bahkan dunia mulai tahu bahwa Indonesia layak disebut sebuah negara. Langkah awal ini merupakan langkah yang sangat bagus untuk kemajuan Indonesia dalam membuat negara yang berdaulat.

Hasilnya Banyak negara di dunia mulai mengakui Indonesia sebagai sebuah negara yang berdaulat, banyak juga yang memberikan bantuan berupa makanan, pakaian, hingga obat-obatan. Langkah yang sangat bagus ini tidak di sia-siakan oleh Indonesia, sehingga Indonesia mulai menciptakan kerja sama dengan negara-negara tetangga.

2. PENGAMANAN TNI DI DAERAH BELANDA

Keuntungan Perjanjian Renville yang berikutnya adalah pengamanan TNI di daerah Belanda, dengan penarikan TNI membuat banyak tentara bisa selamat dari pihak Belanda. Walaupun akhirnya Jenderal Sudirman memerintahkan untuk kembali ke daerah asalnya dan melakukan gerilya, namun dengan penarikan sementara ini bisa menyelamatkan banyak TNI di daerah Belanda tersebut.

Pada saat itu di daerah kekuasaan Belanda banyak sekali tentara Indonesia yang tertangkap dan terancam bahaya, dengan adanya Perjanjian Renville tersebut membuat Belanda harus melepaskan TNI dalam keadaan selamat dan tidak ada ancaman apapun.

Keuntungan yang sangat besar ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Indonesia, dimana TNI patuh dengan perintah dan mulai mundur ke Jawa tengah dan Yogyakarta. Dengan mundurnya TNI membuat gerilya setelah surat siasat 1 dikeluarkan bisa dilakukan lebih maksimal oleh TNI.


Baca Juga :