Penting! Periksa Rem Saat Beli Mobil Bekas

By | May 16, 2020

Membeli mobil seken memang dapat jadi penyelesaian untuk Kalian yang punya bujet rendah, tetapi hendak mendapatkan mobil berkualitas baik. Daripada menantikan ada dana guna beli yang baru, menemukan mobil lama ialah pilihan menarik. Apalagi bila Kalian tahu bagaimana teknik memilih mobil bekas yang tepat.

Setelah beli mobil bekas, tahapan berikutnya ialah meyakinkan rem benar-benar bekerja dengan baik. Perlu diingat, rem ialah komponen vital dalam mobil. Kalau tidak bekerja dengan baik, dampak yang ditimbulkan dapat sangat fatal. Karena itu, cari tahu apakah rem mobil Kalian dalam suasana baik dengan teknik berikut.

Pedal rem

Untuk mengetahui situasi rem mobil seken yang baru dibeli, Kalian dapat memeriksa bagian pedalnya. Salah satu tanda rem tidak normal ialah pedalnya terasa terlampau keras. Dibutuhkan tenaga kuat guna menggunakannya. Kalau masalahnya laksana ini, Kalian dapat membawa ke bengkel atau menggali tahu sendiri penyebabnya. Umumnya, penyebabnya ialah kebocoran selang vakum, ada kehancuran pada booster, atau kampasnya yang kotor atau aus.

Masalah beda yang barangkali muncul ialah pedalnya terlampau “dalam”. Kalian mesti memasuki sampai benar-benar ke bawah, baru remnya bekerja. Penyebab umum masalah pedal satu ini ialah minyak rem yang volumenya tidak cukup atau merasakan kebocoran. Tambahkan minyak rem andai masalahnya terdapat pada volume dan perbaiki kerusakan andai masalahnya ialah kebocoran.

Tak melulu pedal keras dan terlampau “dalam”, masalah kebalikannya juga dapat terjadi, yakni pedal rem paling sensitif. Disentuh tidak banyak saja, mobil telah berhenti mendadak. Untuk menanggulangi masalah ini, coba kerjakan penyetelan ulang di bengkel.

Rem pakem

Adalah mesti untuk menggali tahu apakah rem mobil seken pakem atau tidak. Kalau rem lumayan pakem, mobil bisa dengan gampang melambat atau berhenti. Jika tidak, diperlukan jarak lebih jauh guna berhenti. Rem yang tidak pakem dapat sangat riskan ketika digunakan di jalan raya.

Untuk memahami rem mobil Kalian pakem atau tidak, bawalah ke bengkel sebab mereka mempunyai alat untuk memeriksa rem dengan tingkat akurasi optimal. Jika hasilnya rem tidak cukup pakem, mereka dapat mencari tahu sebabnya sekaligus menggali pemecahannya. Sebabnya sendiri dapat bervariasi, mulai dari seal yang bocor, kampas berkualitas buruk atau telah rusak, hingga masternya yang “kena”.

Minyak rem

Tidak semua empunya mobil mengasuh kendaraannya dengan baik. Bisa jadi, empunya mobil lama Kalian juga demikian. Karena itu, tidak boleh sampai lupa memeriksa minyak remnya. Siapa tahu volumenya tidak cukup atau minyaknya kotor dan berubah warna. Banyak empunya mobil yang memilih memenuhi ulang minyak ini, tetapi bila Kalian baru beli mobil tersebut, usahakan untuk menghabiskan minyak lama dan mengisinya dengan yang baru.

Knalpot mobil

Saat mengupayakan mengendarai mobil seken yang baru dibeli, simaklah suaranya saat Kalian mengerem. Kalau terdapat suara berdecit masing-masing kali mobil direm, ada bisa jadi kampas rem kotor atau kemasukan air. Solusinya ialah dengan mencuci kampas ini.

Lampu ABS

Pada mobil model lebih baru yang remnya memakai Anti-lock Brake System (ABS), terdapat lampu indikator yang menyala saat terjadi masalah dalam sistem rem. Dengan adanya lampu indikator ini, masalah rem langsung bisa diketahui. Sayangnya, tidak seluruh mobil mempunyai sistem ABS sampai-sampai cara-cara lainlah yang dipakai untuk memeriksa situasi rem.

Sumber : https://csgrid.org/csg/team_display.php?teamid=426763