PERBANDINGAN PENDAPATAN NASIONAL PADA NEGARA SATU DENGAN NEGARA LAINNYA

By | May 7, 2020

PERBANDINGAN PENDAPATAN NASIONAL PADA NEGARA SATU DENGAN NEGARA LAINNYA

PERBANDINGAN PENDAPATAN NASIONAL PADA NEGARA SATU DENGAN NEGARA LAINNYA

Adanya perubahan kenaikan dalam

pendapatan nasional ataupun pendapatan per kapita biasanya digunakan sebagai tingkat indikator keberhasilan pembangunan sebuah negara. Nah, hal ini sebenarnya mengarah pada Produk Domestik Bruto dan pendapatan per kapita saja yang menjadi tolak ukur yang ideal.

Selain Sir William Petty, ada seorang professor ekonomi yang berasal dari New York University bernama Michael P Todaro memberikan pernyataan bahwa pendapatan nasional ataupun pendapatan per kapita adalah indeks dari kesejahteraan dan pembangunan yang bias. Hal ini karena pendapatan per kapita hanyalah konsep rata-rata karena sama sekali tidak memberikan indikasi bagaimana pendapatan nasional suatu negara dibagikan kepada masyarakat secara keseluruhan.

World Bank atau Bank Dunia membedakan sebuah negara menjadi 4 bagian sesuai dengan tingkat pendapatan per kapitanya :

Yang pertama adalah negara dengan pendapatan yang rendah, atau low income economics. Negara dengan pendapatan yang rendah merupakan negara-negara yang memiliki Produk Nasional Bruto per kapita sebesar $675 atau di bawah angka tersebut.

Yang kedua adalah negara dengan pendapatan menengah ke bawah atau lower middle economics. Negara-negara dengan pendapatan menengah ke bawah adalah negara yang memiliki Produk Nasional Bruti per kapita antara $675 hingga angka per kapita $2695.

Kemudian, yang ketiga adalah negara dengan pendapatan menengah ke tinggi atau upper middle economics. Deretan negara yang ada di tingkatan ini merupakan negara-negara dengan Produk Nasional Bruto per kapita antara $2695 hingga di angka per kapita $8355.

Yang terakhir, tingkat negara dengan pendapatan tinggi atau disebut juga high income economics. Negara-negara yang berada pada tingkatan high income economics adalah negara yang memiliki Produk Nasional Bruto per kapita di atas $8355.

Contoh 5 negara termiskin yang disusun oleh World Bank dan bussinessinsider.com, berdasarkan data pada tahun 2017, yakni :

Negara termiskin pertama didudukin oleh negara Malawi, salah satu negara di benua Afrika dengan memiliki penduduk berjumlah 16 juta jiwa dan terbelakang di berbagai sektor. Kedua yakni ada Burundi, negara yang memiliki permasalahan serius terkait perang sipil karena perselisihan politik. Burundi juga memiliki Produk Domestik Bruto per kapita hanya sebesar $ 267,10.

Republik Afrika Tengah merupakan negara yang memiliki kondisi politik yang tidak stabil dan kerap terjadi perang sipil. Permasalahan ekonomi yang buruk menyebabkan Produk Domestik Bruto per kapitan hanya $ 333,20. Setelah kedudukan Republik Afrika Tengah, ada negara Nigeria yang menjadi salah satu negara paling terbelakang hingga hanya menghasilkan Produk Domestik Bruto per kapita sebesar $ 415,40.

Pada kedudukan kelima termiskin, ada negara Liberia selalu menghadapi perang sipil tak berkesudahan. Kondisi inilah yang menjadi penyebab utama perekonomian Liberia sangatlah buruk. Apalagi Liberia hanya mengandalkan industri pertanian untuk mendorong ekonominya. Hal ini membuat Produk Domestik Bruto per kapita Liberia sampai saat ini tercatat hanya sebesar $ 454,30.


Sumber: https://www.tokoislam.co.id/twd-zombie-evolution-apk/