Perdagangan AS-Cina memasuki era baru setelah pengumuman semalam Huawei, Foxconn dan TSMC

By | May 31, 2020

Perdagangan AS-Cina meluncurkan era baru setelah diumumkan semalam Huawei, Foxconn dan TSMC

 

Perdagangan AS-Cina memasuki era baru setelah pengumuman semalam Huawei, Foxconn dan TSMC

Perdagangan AS-Cina memasuki era baru setelah pengumuman semalam Huawei, Foxconn dan TSMC

Telah ada hentakan keras berita di front perdagangan AS-Cina sejak dimulainya pemerintahan Trump. Presiden Trump telah membuat decoupling dari ekonomi China dengan on-again, off-again proposition. Ada konflik perdagangan dengan perubahan mingguan dalam kebijakan tarif Amerika, ancaman terhadap ZTE dan Huawei , tanggapan dari Cina terhadap Qualcomm dan NXP dan peluncuran pembatasan baru pada investasi Cina di startup AS dan infrastruktur telekomunikasi .

Dengan COVID-19 dan keruntuhan ekonomi global yang terjadi kemudian, banyak dari konflik itu yang dibakar. Perjanjian tentatif antara AS dan Cina – yang disepakati sebelum pandemi terburuk – tampaknya mendapatkan dukungan yang lebih luas karena indikator ekonomi dari dua negara adidaya dunia mulai menetes keluar.

Kemudian minggu ini terjadi, dan dalam waktu yang hampir tidak ada sama sekali, detente perdagangan AS-Cina telah hancur berantakan.

Semalam, ada tiga cerita kritis yang akan membentuk kembali perdagangan AS-Cina untuk masa yang akan datang, dengan lebih banyak cerita bersembunyi di bawah permukaan.

Pertama, Anda mendapat pengumuman pagi ini dari Departemen Perdagangan bahwa administrasi Trump akan melarang Huawei untuk menggunakan perangkat lunak dan perangkat keras AS dalam proses semikonduktor strategis tertentu, sebuah langkah yang dirancang untuk membatasi produsen chip Cina terkemuka dari menumbuhkan kekuatan pasar dan kemampuan teknologi. Sebelumnya kemarin, pemerintah juga mengumumkan perpanjangan larangan ekspor pemerintah terhadap Huawei dan ZTE .

Pemerintahan Trump telah mengancam langkah-langkah seperti ini sejak hampir hari pertama presiden berkuasa, dan Perdagangan bahkan menggunakan bahasa tersebut, dengan mengatakan bahwa itu “secara sempit dan strategis” menargetkan perusahaan Cina. Meskipun demikian, pentingnya Huawei sebagai salah satu perusahaan teknologi terkemuka di Cina tidak dapat dilebih-lebihkan, dan dua langkah tersebut sudah dianggap sebagai serangan langsung terhadap pemulihan ekonomi Tiongkok.

Kedua, Anda memiliki pengumuman besar semalam dari TSMC – pengecoran chip terbesar di dunia dan satu-satunya pengecoran yang dapat menangani pembuatan chip paling canggih – bahwa perusahaan Taiwan akan berinvestasi dan meluncurkan pabrik, $ 12 miliar utama di Arizona . Rilis ini mengatakan bahwa pabrik akan mampu memproduksi chip 5-nanometer paling canggih di dunia ketika diluncurkan dalam beberapa tahun. Pengumuman itu muncul setelah berminggu-minggu perdebatan di Washington yang bertujuan memotong kemampuan TSMC untuk membangun chip untuk perusahaan Cina daratan seperti Huawei – sebuah langkah yang menurut TSMC akan secara dramatis mengurangi keuntungan dan kemampuannya untuk berinvestasi dalam R&D lebih lanjut.

Ketiga, Anda mendapat pengumuman pagi ini bahwa keuntungan Foxconn menukik 90% karena COVID-19 dan menurunnya pengiriman smartphone. Foxconn, sebuah perusahaan perakitan perangkat keras Taiwan (di antara banyak hal lain), telah terperangkap dalam konflik perdagangan AS-Cina yang membara, dan bahkan pada satu titik berusaha membangun fasilitas pabrik sendiri senilai $ 10 miliar di Wisconsin dengan keaslian Trump hanya untuk menjebak rencana itu seluruhnya dalam kemunduran yang memalukan .

Sementara itu, kesepakatan perdagangan yang telah meredakan ketegangan antara DC dan Beijing semakin

diragukan .

Dan itulah yang terjadi dalam semalam .

Ada begitu banyak poin data individual pada perdagangan AS-Cina sehingga sulit untuk melihat polanya. Kebijakan telah mengeras, kebijakan telah melunak, tetapi pada intinya AS dan China telah berusaha untuk menjaga perdagangan tetap mengalir, jika hanya untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi mereka. Itulah yang menjadi tujuan dari penggabungan: sementara mungkin ada ketidaksepakatan besar antara kedua belah pihak, masing-masing memiliki sesuatu yang diinginkan pihak lain. Cina ingin membangun dan tumbuh, sementara Amerika ingin merancang dan membeli.

Beberapa bulan terakhir COVID-19 telah mengubah kalkulus itu, seperti halnya tahun pemilihan umum di Amerika Serikat, di mana keresahan Cina telah mencapai rekor, tertinggi dua partai, menurut jajak pendapat . Guncangan hebat ekonomi Amerika, dengan puluhan juta pengangguran dan pertumbuhan terhenti untuk saat ini, berarti bahwa pengawasan yang lebih intens sedang dilakukan pada apa pun yang mungkin membahayakan matematika keuangan negara. Kita sekarang melihat buah dari normal baru itu.

Akan ada lebih banyak manuver decoupling dalam beberapa minggu mendatang. Hampir pasti akan ada negosiasi ulang kesepakatan perdagangan AS-Cina, meskipun ada komentar bahwa tidak ada pihak yang tertarik untuk membuka kembali diskusi itu .

Namun, dinamika yang menarik untuk ditonton adalah Taiwan, yang merupakan rumah bagi sektor-sektor kritis

industri chip yang strategis. Pengumuman TSMC menerima kenyataan decoupling, tetapi upaya untuk mengatasinya dengan menghubungkan Amerika Serikat ke keselamatan Taiwan. Perusahaan Taiwan dan politisi pulau itu menghindari menyerahkan teknologinya ke negara lain, menciptakan ketergantungan yang mereka harapkan akan melindungi pulau itu jika terjadi invasi daratan Cina. Lagipula, jika Pentagon tidak bisa mendapatkan chip-nya, itu harus campur tangan, atau begitulah pemikirannya.

Namun di dunia baru ini, TSMC membangun sebuah pabrik Amerika tidak merusak narasi itu, itu sebenarnya memperkuat ikatan antara AS dan Taiwan. Lebih banyak pekerjaan, lebih banyak perdagangan, lebih banyak perjalanan dan, pada akhirnya, penghargaan yang lebih dalam akan pentingnya satu sama lain. Pertanyaannya adalah seberapa jauh pemerintahan Trump mau pergi ke sini. Taiwan sedang berusaha untuk bergabung kembali dengan Organisasi Kesehatan Dunia , di mana ia menjadi pengamat hingga 2016. Seberapa dalam ikatan itu? Akankah AS melampaui kerangka diplomatiknya sendiri untuk secara intens mendorong masuknya kembali Taiwan terlepas dari oposisi Cina?

Itulah yang berikutnya, tetapi yang jelas hari ini adalah bahwa dunia semikonduktor, infrastruktur internet, dari

ikatan teknologi yang telah mengikat AS dan Cina bersama selama beberapa dekade – mereka usang dan hampir hilang. Ini adalah era baru dalam rantai pasokan dan perdagangan, dan dunia terbuka untuk pendekatan baru terhadap industri besar yang sudah ada ini.

Sumber:

https://www.artstation.com/ahmadali88/blog/R413/gb-whatsapp-apk