Apple Membuat Kebijakan Privasi Wajib untuk Aplikasi App Store

By | June 13, 2020

Apple Membuat Kebijakan Privasi Wajib untuk Aplikasi App Store

 

Apple Membuat Kebijakan Privasi Wajib untuk Aplikasi App Store

Apple Membuat Kebijakan Privasi Wajib untuk Aplikasi App Store

URL kebijakan privasi adalah mandat untuk hanya aplikasi berbasis langganan

Namun, Apple kini telah membuat mandat untuk semua aplikasi.
Aplikasi yang harus diterbitkan. URL dalam pembahasan berikutnya.
Dalam perkembangan baru, Apple sekarang telah mewajibkan semua aplikasi yang terdaftar di App Store untuk menyediakan hubungan ke dalam kebijakan privasi dalam metadata-nya. Pengumuman ini dibuat oleh raksasa Cupertino melalui Apple Store Connect untuk semua pengembangnya. Perusahaan menyatakan bahwa semua aplikasi yang memiliki URL kebijakan privasi harus memiliki lisensi ini dalam diskusi berikutnya. Aplikasi baru harus ditambahkan sebagai mandat.

Sebelumnya, Apple mewajibkan untuk memasukkan URL kebijakan privasi untuk aplikasi yang memiliki langganan, tetapi sekarang sedang dibuat wajib untuk semua aplikasi. Perubahan ini akan mulai berlaku dari tanggal 3 Oktober. Apple tidak menarik aplikasi dari Store yang tidak memiliki tautan kebijakan privasi, tetapi menjadikannya mandat bagi mereka untuk memasukkan info tersebut dalam pembaruan berikutnya.

Meskipun ini tidak banyak berubah untuk aplikasi berbasis langganan, aplikasi yang tidak memiliki banyak utilitas,

dan dapat berjalan offline juga, sekarang perlu membuat halaman dengan kebijakan privasi yang terdaftar, hanya untuk App Store. Hal ini terjadi setelah semakin banyaknya laporan mengenai pengumpulan data backdoor tanpa sepengetahuan pengguna oleh aplikasi dan layanan. Apple, yang dikenal karena kebijakan keamanannya yang keras, memastikan bahwa semua celah ditutup untuk mencegah praktik yang tidak etis.
Langkah ini juga bisa merupakan hasil dari Peraturan Perlindungan Data Umum (GDPR) Uni Eropa yang baru yang mulai berlaku sejak Mei tahun ini. Apple bahkan memperkenalkan alat-alat baru untuk memungkinkan konsumen mengontrol bagaimana data mereka digunakan dan menonaktifkan akun ID Apple mereka, dalam upaya untuk membawa layanannya sejalan dengan undang-undang perlindungan data Uni Eropa yang baru.

Menurut 9to5Mac, tautan kebijakan privasi akan dibuka di Safari untuk pengguna iPhone dan iPad. Untuk

pengguna tvOS, Apple menyediakan kotak teks untuk pengembang kebijakan privasi mereka. Karena tvOS tidak memiliki browser, itu akan menampilkan kotak teks di layar TV pengguna.

Sumber:

http://journals.cincader.org/index.php/ghmj/comment/view/89/0/689631