Penghasilan dari bunga

By | June 23, 2020

Penghasilan dari bunga

Istilah “bunga” yang dimaksud adalah pendapatan bunga yang berasal dari uang yang dipinjamkan, termasuk pula bunga yang timbul dari perjanjian kredit. Terkait hak pemajakan atas penghasilan bunga yang berasal dari wilayah yurisdiksinya, negara sumber diberikan hak pemajakan terbatas yang tidak melebihi tarif pajak yang diatur dalam P3B. Pengecualian penerapan prinsip hak pemajakan terbatas kepada negara sumber atas penghasilan bunga  yang diperoleh penduduk dari negara domisili apabila terdapat hubungan efektif antara bunga yang diperolehnya dengan keberadaan Bentuk Usaha Tetap (BUT) atau tempat tetapnya di negara sumber, sehingga apabila ketentuan tersebut dipenuhi maka negara sumber memiliki hak pemajakan penuh atas bunga yang timbul di wilayahnya dan bunga tersebut diperlakukan sebagai bagian dari laba usaha Bentuk Usaha Tetap (BUT) atau tempat tetapnya di negara sumber.

  1. Penghasilan dari royalty

Terkait hak pemajakan atas royalty yang berasal dari wilayah yurisdiksinya, negara sumber diberikan hak pemajakan terbatas yang tidak melebihi tarif pajak yang diatur dalam P3B. Pengecualian penerapan prinsip hak pemajakan terbatas kepada negara sumber atas royalty yang diperoleh penduduk dari negara domisili apabila terdapat hubungan efektif antara royalti yang diperolehnya dengan keberadaan Bentuk Usaha Tetap (BUT) atau tempat tetapnya di negara sumber, sehingga apabila ketentuan tersebut dipenuhi maka royalty tersebut diperlakukan sebagai bagian dari laba usaha Bentuk Usaha Tetap (BUT) atau tempat tetapnya di negara sumber.

  1. Penghasilan dari capital gain

Pembagian hak pemajakan dari penjualan atau pengalihan harta (capital gain) diatur sebagai berikut:

–          Penghasilan dari keuntungan penjualan atau pengalihan harta tak bergerak, hak pemajakan sepenuhnya ada pada negara di mana harta tak bergerak tersebut berada.

–          Penghasilan dari keuntungan penjualan atau pengalihan harta bergerak, hak pemajakan sepenuhnya ada pada negara di mana harta bergerak tersebut berada.

–          Penghasilan dari keuntungan penjualan atau pengalihan harta tak bergerak maupun harta bergerak yang dilakukan oleh Bentuk Usaha Tetap (BUT), hak pemajakan sepenuhnya ada pada negara di mana Bentuk Usaha Tetap (BUT) tersebut berada.