TESLA DAN NEGARA BAGIAN CALIFORNIA TELAH MENCAPAI KESEPAKATAN UNTUK MEMBUKA KEMBALI PABRIK PERAKITAN AS MINGGU DEPAN

By | June 6, 2020

TESLA DAN NEGARA BAGIAN CALIFORNIA TELAH MENCAPAI KESEPAKATAN UNTUK MEMBUKA KEMBALI PABRIK PERAKITAN SEBAGAI MINGGU DEPAN

 

TESLA DAN NEGARA BAGIAN CALIFORNIA TELAH MENCAPAI KESEPAKATAN UNTUK MEMBUKA KEMBALI PABRIK PERAKITAN AS MINGGU DEPAN

TESLA DAN NEGARA BAGIAN CALIFORNIA TELAH MENCAPAI KESEPAKATAN UNTUK MEMBUKA KEMBALI PABRIK PERAKITAN AS MINGGU DEPAN

Tesla Inc dan pejabat di California telah menyelesaikan bentrokan sengit mereka atas prosedur keselamatan di pabrik perakitan AS satu-satunya dengan kesepakatan yang memungkinkan produksi untuk dilanjutkan pada Senin, kata pejabat daerah.

Kabupaten itu mengatakan pembuat mobil itu dapat mengambil langkah-langkah tambahan menjelang minggu depan setelah Kepala Eksekutif Elon Musk telah bersumpah untuk menentang pihak berwenang, mengatakan pada hari Senin bahwa ia melanjutkan produksi meskipun ada larangan. Pada hari Selasa, ia juga memenangkan dukungan Presiden Donald Trump .

Tesla dan negara bagian California telah mencapai kesepakatan untuk membuka kembali pabrik perakitan AS minggu depan
CEO Tesla, Elon Musk. Gambar: Reuters

Dalam sebuah tweet, Alameda County mengatakan bahwa setelah pembicaraan dengan Tesla disepakati bahwa pembuat mobil listrik dapat mengambil langkah “dalam persiapan untuk kemungkinan pembukaan kembali secepat minggu depan.”

Tesla tidak segera mengomentari Rabu tetapi sekitar waktu yang sama county mengeluarkan pernyataannya, Musk tweeted: “Hidup harus dijalani.”

Satu-satunya pabrik perakitan kendaraan listrik AS di Tesla adalah di Fremont, California, yang berada di Alameda County.

Kabupaten itu mengatakan akan bekerja sama dengan polisi di Fremont “untuk memverifikasi Tesla mematuhi jarak fisik dan bahwa langkah-langkah kesehatan dan keselamatan yang disepakati ada untuk keselamatan pekerja mereka saat mereka bersiap untuk produksi penuh.”

Pada hari Senin, Musk mengatakan produksi dilanjutkan di Fremont, menentang perintah untuk tetap tutup dan

mengatakan jika ada yang harus ditangkap, itu harusnya dia.

Pada hari Selasa, Musk memenangkan dukungan Trump. “California harus membiarkan Tesla & @elonmusk membuka pabrik, SEKARANG. Ini bisa dilakukan dengan Cepat & Aman!” Trump menulis di Twitter. Gedung Putih tidak segera mengomentari pengumuman tersebut.

Tesla turun 3,3 persen dalam perdagangan sore menjadi $ 782,43.

Jaksa Agung California Xavier Becerra mengatakan kepada CNBC bahwa “percakapan sedang terjadi antara Tesla dan county. Tapi di tingkat negara bagian, kami siap untuk menegakkan jika kami menemukan bahwa ada yang melanggar perintah negara yang dikeluarkan oleh gubernur.”

Pada hari Selasa, tempat parkir karyawan di pabrik Tesla di Fremont, California, dipenuhi dengan mobil. Truk dapat terlihat mengemudi masuk dan keluar dari halaman pabrik.

Di tempat parkir logistik keluar pabrik Fremont, di mana hanya selusin mobil Tesla diparkir minggu lalu, ratusan kendaraan Tesla terlihat pada hari Selasa.

Perusahaan telah menggugat Alameda County menantang keputusannya bahwa pabrik harus tetap ditutup.

Seorang pejabat kesehatan kabupaten pada hari Jumat mengatakan bahwa kabupaten tersebut telah meminta semua produsen, termasuk Tesla, untuk menunda operasi setidaknya satu minggu untuk memantau tingkat infeksi dan rawat inap.

Tesla pada hari Sabtu merilis rencana untuk menjaga pekerja kembali ke pabrik dengan aman.

Langkah-langkah tersebut, yang meliputi pemeriksaan suhu, pemasangan penghalang untuk area kerja yang

terpisah, dan peralatan pelindung untuk pekerja, serupa dengan yang dibuat oleh produsen mobil General Motors, Ford, dan Fiat Chrysler yang berbasis di Detroit. Para pembuat mobil diatur untuk melanjutkan di sebagian besar pabrik mobil AS mulai Senin.

Trump sangat ingin agar ekonomi AS dibuka kembali dan bagi orang Amerika untuk kembali bekerja.

Musk selama akhir pekan mengancam akan meninggalkan California ke Texas atau Nevada karena penutupan pabriknya. Langkahnya telah menyoroti persaingan untuk pekerjaan dan memicu terburu-buru untuk merayu eksekutif miliarder oleh negara-negara yang telah membuka kembali ekonomi mereka lebih cepat dalam menanggapi dorongan dari Trump.

Bulan lalu, Musk sedang dalam panggilan dengan Trump dan kepala eksekutif lainnya untuk membahas pembukaan kembali ekonomi AS di mana Musk mengatakan ia ingin dapat melanjutkan produksi pada 1 Mei atau sebelumnya, seseorang yang diberi pengarahan pada panggilan tersebut dikonfirmasi. Rincian panggilan dilaporkan sebelumnya oleh Washington Post .

Pertarungan Musk dengan pihak berwenang setempat mendapat perhatian dari mereka yang mencari situs untuk

pabrik baru dan kantor perusahaan, serta pejabat pembangunan ekonomi yang haus akan lebih banyak pekerjaan.

Sejak perselisihan antara Tesla dan Alameda County mendapat perhatian nasional, para pejabat dari negara-negara seperti Texas, Nevada, Georgia, Utah, dan Oklahoma telah mengajukan Musk tentang mempertimbangkan negara mereka. Analis memperkirakan akan membutuhkan Tesla 12 hingga 18 bulan untuk memindahkan produksinya.

Pabrik Fremont mempekerjakan lebih dari 10.000 orang, menurut pembuat mobil.

Baca Juga: