Kepentingan masyarakat

By | July 26, 2020

Kepentingan masyarakat

 

            Pertimbangan-pertimbangan mengenai kebutuhan-kebutuhan masyarakat yang paling mendesak itu menjadi salah satu factor penentu keberhasilan dalam investasi .

  1. Unsur Pasar

            Investasi tidak hanya ditekankan pada produksi saja,teapi juga mengenai pasar produksi tersebut. Meskipun investasi efisien, tetapi apabila pasar atau unsur, pasar kurang diperhatikan maka investor akan mengalami kegagalan.

  1. Titik Pertumbuhan

            Investasi sebaiknya pada diarahkan pada titik pertumbuh”growing point”. Biasanya “growing point” banyak membutuhkan capital dan mempunyai pasar yang luas karena ada keuntungan eksternal .

            Awalnya titik pertumbuhan ini dikemukakan oleh Rostow dengan istilah dengan sector pertumbuhan primer. Rostow menyarankan supaya sektor yang sedang berkembang dibagi menjadi 3 golongan yaitu:

  1. Sektor Primer yang Menyebabkan Pertumbuhan.
  2. Sektor pelengkap.
  3. Sektor pertumbuhan sebagai akibat lanjutan yaitu perkembangan yang didorong oleh pertambahan jumlah penduduk dan pendapatan.

 

  1. Pertumbuhan Seimbang

 

 

            Menurut Baldwin dan Merier menyatakan bahwa investasi pada titik pertumbuhan juga harus memperhatikan 2 pertimbangan yaitu :

  1. Kriteria neraca pembayaran dan kriteria produktivitas. Hal ini disebabkan karena adanya anggapan bahwa negara berkembang sering mengalami kesulitan dalan neraca pembayaran. Sehingga investasi itu seharusnya mengarah pada perbaikan neraca pembayaran dan peningkatan produktivitas.
  2. Pertumbuhan seimbang. Arah investasi seharusnya kesemua sector karena sector-sektor tersebut saling bergantung dan saling melengkapi.
  1. Teknik Produksi

            Jika pasar telah cukup luas maka teknik produksi yang digunakan dapat bersifat padat modal dan padat karya. Dari kedua kemungkinan tersebut dapat menimbulkan beberapa pendapat. Namun, dari beberapa pendapat tersebut ada salah satu yang berpendapat bahwa kedua kemungkinan tersebut dapat digunakan dan pokoknya dapat menghasilkan suatu output tersebut dengan biaya serendah-rendahnya. Jadi dimana tenaga kerja banyak tersedia dan lebih murah dari pada mnggunakkan alat-alat kapital maka sebaiknya menggunakan teknik produksi dengan padat modal dan sebaliknya dapat menggunakan teknik produksi padat karya .

            Apabila kedua investasi (padat karya dan padat modal) akan menaikkan produksi nasional dalam jumlah yang sama maka :

  1. Dari sudut distribusi pendapatan, Proyek yang memakai metode padat karya lebih baik karena dapat menaikkan tingkat pendapatan sebagian besar orang yang berpenghasilan rendah.
  2. Dari sudut pendapatan perkapita, Proyek padat modal disektor pertanian akan lebih baik karena dapat meningkatkan pendapatan perkapita .

Jadi kriteria-kriteria ini sangat tergantung pada tujuan-tujuan sosial dan ekonomi yang luas.

Recent Posts