Mengatur Jadwal Kegiatan Bermain

By | July 6, 2020

Mengatur Jadwal Kegiatan Bermain

Aktivitas-aktivitas yang memerlukan anak untuk berkonsentrasi lebih baik dijadwalkan pagi hari ketika mereka sedang segar dan penuh perhatian, sedangkan aktivitas bermain yang lebih konstruktif atau dramatis biasanya memerlukan waktu yang lebih lama dari pada bermain yang banyak melibatan otot secara berulang-ulang dapat dilaksanakan siang hari atau akhir kegiatan.

                              3)            Mengamati dan Membimbing Aktivitas Bermain

Ada beberapa aktivitas yang guru perlu lakukan, yakni memberikan respons yang jelas kepada anak, membantu anak belajar bagaimana cara bermain yang baik, dan membantu anak dalam mengekspresikan emosi mereka.

                              4)            Menyediakan Panduan atau Arahan yang Diperlukan

Panduan atau arahan terutama diperlukan bila anak diminta untuk melakukan suatu permainan tertentu yang dikreasi atau dirancang oleh guru. Arahan ini sangat penting untuk membuat anak melakukan perilaku yang diharapkan dalam aktivitas bermain mereka.

                              5)            Menciptakan Suasana Lingkungan yang Kondusif

Suasan ini diperlukan untuk membuat anak merasa bebas berperilaku, tampil, mengeksplorasi, dan mencipta dalam aktivitas bermain mereka. Guru perlu menunjukkan kepada anak bagaimana cara memberi dukungan, bernegosiasi, saling berbagi, dan berkomunikasi satu sama lain secara positif. Dengan kata lain, guru berperan menjadi model bagi anak.