MOBILITAS  FAKTOR FAKTOR PRODUKSI

By | July 26, 2020

MOBILITAS  FAKTOR FAKTOR PRODUKSI

Ketidaksempurnaan pasar (Market Inperections) akan sangat membatasi penggeseran factor-factor produksi dari penggunaan yang lebih produktif. Untuk mengatasi ini maka market inperection harus ditiadakan, sehingga  factor-factor pruduksi dapat digunakan  sepenuhnya. Adapun caranya yaitu:

  1. Mengganti bentuk bentuk organisai social dan ekonomi
  2. Memberikan kesempatan-kesempatan  untuk menaikan produktifitas pada tinkat teknik yang ada
  3. Peningkatan teknologi
  4. Penjualan produk dan pasar capital diperluas
  5. Keadaan monopoli harus dikurangi
  6. Kredit dipermudah bagi petani dan pedagang kecil.[1]

Jadi harus ada pengarahan pada penggunaan semua sumber-sumber produksi secara efisien. Untuk perkembangan ekonomi perlu menepatkan usaha usaha  dan capital dalam tiga bentuk:

  1. Menaikan jumlah barang kapital.
  2. Menaikan  kualitas penduduk sebagai produsen.
  3. Menaikan  tingkat usaha produktif.

 

  1. AKUMULASI KAPITAL

 

  Akumulasi kapital adalah salah satu faktor penting bagi pertumbuhan ekonomi. Dan dapat terwujud dalam tabungan rill, sehingga sumber uang yang semula tujuannya untuk konsumtif dapat diarahkan untuk tujuan produktif. Perlu adanya mekanisme kredit, agar sumber uang tersebut bisa digunakan investor terutama untuk membuat barang capital yang produktif. Yang mempengaruhi mobilitas, alokasi capital dan dapat menyalurkan  tabungan investasi produktif.  Tanpa tambahan output akan menyebabkan inflasi[2].

  Jadi untuk perkembangan ekonomi tidak sekedar menaikkan akan uang,akan tetapi juga menaikkan jumlah output riil. Kekurangan-kekurangan di bidang teknik yang diperlukan tidak dapat di atasi hanya dengan menambah uang saja. Yang diperlukan adalah pembentukam capital rill tidak dalam bentuk uang. Yang diperlukan dalam mengukur banyaknya kapital diantaranya :

  1. Perkiraan tingkat pertambahan penduduk
  2. Target kenaikan pendapatan rill perkapita
  3. Angka rasio pertambahan  antara investasi dan output.

Intinya jika ingin menaikan pendapatan per kapita maka juga harus menaikan akumulasi kapital. Maka dari itu investasi harus di tingkatkan. Berikut ini merupakan cara-cara untuk menaikan tingkat investasi:

  1. Tingkat tabungan dinaikan dengan membatasi konsumsi ,misalnya dengan menaikan tingkat pajak ( tax rate ).
  2. Pemerintah menjual obligasi Negara. Dan jualan obligasi tersebut harus dengan syarat menarik agar ada yang mau membelinya. Misalnya dengan tinggkat bunga yang tinggi.
  3. Pembatasan import barang-barang konsumsi dan bila mungkin membatasi barang impor barang capital.
  4. Dengan inflasi, sebab inflasi konsumsi secara riil berkurang dengan jumlah uang yang sama dan barang yang berkurang. Tetapi cara tersebut sangat membahayakan bagi Negara yang berkembang karena kerap kali inflasi tersebut menjadi sukar dikendalikan.
  5. Memindahkan pengangguran tersembunyi dan sector pertanian ke sector industry dan jasa. Kesulitanya ialah, tenaga kerja itu memerlukan latihan, perumahan dan fasilitas lain.
  6. Dengan mengadakan pinjaman luar negri.
  7. Memperluas sector perdagangan luar negri menaikan terms of trade. Misalnya harga barang ekspor naik, maka kenaikan pendapatan dari export di investasikan di dalam negeri.

 

Sumber :

https://bloggermuslimah.id/xiaomi-gabung-konsorsium-pengisi-daya-nirkabel/