Pancasila Sebagai Pandangan dan Tujuan Hidup bangsa

By | July 1, 2020

Pancasila Sebagai Pandangan dan Tujuan Hidup bangsa

Pancasila Sebagai Pandangan dan Tujuan Hidup bangsa

Sebagai suatu negara Indonesia telah mengikrarkan bahwa falsafah atau ideologi bangsanya adalah ideologi Pancasila. Segala hal telah tertanam dalam nilai-nilai Pancasila, termasuk tujuan bangsa, cita-cita bangsa, hingga pedoman berperilaku. Selain itu Pancasila juga merupakan cerminan jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia.

Sebagai pandangan hidup bangsa Pancasila sebenarnya telah berabad-abad mewarnai dan membentuk sikap dan cara hidup rakyat Indonesia yang terdiri dari berbagai suku yang mendiami tidak kurang dari 13.660 pulau di wilayah Indonesia4. Disebut sebagai jiwa dan kepribadian bangsa, Pancasila juga memberikan suatu kekhasan yang dimiliki bangsa Indonesia dan merupakan pembeda dari bangsa lain. Salah satu ciri khas dalam bersikap yang dimiliki oleh bangsa Indonesia adalah sikap toleransi dan terdapat banyak ciri khas bangsa Indonesia yang tercantum dalam nilai-nilai Pancasila.

Pandangan hidup

Pandangan hidup bangsa termasuk di dalamnya adalah tujuan bangsa. Dalam nilai-nilai Pancasila juga telah tertanam intisari tujuan bangsa Indonesia, salah satunya adalah mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila . Hal tersebut tertanam dalam sila ke-5 yang berbunyi “ Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”. Peran generasi muda dalam mewujudkan tujuan dan penghayatan Pancasila sebagai pedoman dalam berbangsa sangatlah penting utamanya dalam membentuk jiwa nasionalisme. Setelah memahami apa saja nilai-nilai yang ada dalam Pancasila, yang harus dilakukan adalah dengan membudayakan dan mengamalkan  nilai-nilai yang ada dalam sila-sila Pancasila itu dalam kehidupan sehari-hari.

Namun pada Era Reformasi dibarengi masuknya pengaruh globalisasi, nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan dan tujuan hidup bangsa seakan terlupakan. Namun masyarakat utamanya generasi muda tidak menyadari bahwa hal itu sangat krusial untuk merusak pandangan serta tujuan bangsa. Dalam kehidupan sosial, masyarakat kehilangan kendali atas dirinya, akibatnya terjadi konflik-konflik yang pada akhirnya melemahkan sendi-sendi persatuan dan kesatuan bangsa. Dalam bidang budaya, kesadaran masyarakat atas keluhuran budaya bangsa Indonesia mulai luntur, yang pada akhirnya terjadi disorientasi kepribadian bangsa yang diikuti dengan rusaknya moral generasi muda 5.­ Terlihat dari merosotnya nasionalisme para generasi muda dan perilaku yang cenderung meniru kebudayaan bangsa lain.

Perlu adanya kesadaran untuk mengatasi kemerosotan nilai pandangan dan tujuan bangsa ini guna memprkokoh jati diri bangsa Indonesia yang sesuai dengan Pancasila. Dalam upaya ini perlu diupayakan secara serius suatu penelitian mengenai aspek-aspek sosial budaya dan lainnya pada masyarakat Indonesia, dan kemudian diikuti dengan suatu program aksi pembentukan dan pemasyarakatan nilai-nilai budaya “baru”, yang sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945 sehingga mampu memenuhi tuntutan perkembangan zaman dimasa mendatang 6. Serta dapat meluruskan kembali Pancasila sebagai pandangan dan tujuan hidup bangsa.


Sumber: https://dosenpendidikan.id/