Penanganan Konflik Antar Organisasi

By | July 17, 2020

Penanganan Konflik Antar Organisasi

Perspektif konflik sebagai dasar asumsi kehidupan sosial yang selalu terus berjuang yang anggota dari kelompok organisasinya mengontrol sumber daya yang langka. Dalam hal ini individual maupun kelompok bertindak sebagai wakil organisasi, dengan cara demikian implementasinya dalam organisasi pendidikan, adalah akan selalu menjaga dan melakukan penempatan posisi strategis yang menguntungkan dalam menghadapi organisasi pendidikan lainnya, agar mencapai tingkat tinggi di mata masyarakat. Konflik antar organisasi lembaga pendidikan pada prinsipnya adalah melakukan kompetisi  untuk merebut pangsa pasar jasa pendidikan, oleh sebab itu dalam manajemen perlu membuat strategi untuk menarik perhatian dalam mencapai keunggulau produk tertentu. Misalnya dengan kualitas kelulusan, mutu pelayananan, keunggulan pembayaran (leader price), ketepatan strategi manajemen, komitmen, penanganan konflik (conflict handling) dan lain sebagainya.

Saat ini dalam organisasi modern menawarkan teori varian model lingkungan (contingency model)  tentang konflik sebagai jalan terbaik untuk menganalisis konflik organisasi, yaitu kurva linier hubungan antara konflik dan kinerja organisasi yang dibagi dalam tiga zona, yaitu zona:

! rangsangan konflik

!  optimal konflik

! penurunan konflik.

Sensitivitas zona-zona tersebut diperlukan pengamatan yang teliti agar dapat menentukan ketepatan dalam pengelolaan strategi. Dengan mengetahui konflik internal organisasi maka diharapkan organisasi tersebut dapat menanggulangi dan menangani konflik organisasi secara efektif. Secara keseluruhan dalam solusi penanganan konflik dapat diberikan referensi:

! penarikan (withdrawal) satu atau lebih partisipan yang sedang konflik

! menganggap konflik tidak ada

! kompromi demi berakhir konflik

! memaksa konflik untuk ikut campur tangan dari pihak ketiga

! dikonfrontasikan antara peserta konflik dalam usaha untuk penyelesaian masalah.

Sumber :

https://kabarna.id/facebook-latih-kecerdasan-buatan-pendeteksi-bunuh-diri/