Peran bank dan Lembaga Keuangan Non Bank

By | July 7, 2020

 Peran bank dan Lembaga Keuangan Non Bank

 Peran bank dan Lembaga Keuangan Non Bank

Bank dan non bank mempunyai peran penting dalam sistem keuangan yaitu:

  1. Pengalihan aset : dalam hal ini bank dan non bank telah berperan sebagai pengalih aset yang likuid dari satu unit surplus kepada unit defisit.
  2. Transaksi: bank dan non bank memberikan berbagai kemudahan kepada pelaku ekonomi untuk melakukan transaksi barang dan jasa.
  3. Likuiditas: unit suprplus dapat menempatkan dana yang dimilikinya dalam bentuk produk-produk berupa giro, tabungan, deposito dan sebagainya. Produk-produk tersebut masing-masing mempunyai tingkat likuiditas yang berbeda-beda.
  4. Efisiensi

Bank dan non bank dapat menurunkan biaya transaksi dengan jangkauan pelayanan.

  1. 3.Kasus: Kredit Macet

  • Pengertian Kredit Macet

Kredit macet atau terjadinya terhentinya kredit macet adalah akibat pihak nasabah tidak dapat membayar lunas hutang kreditnya, untuk lebih jelas lagi arti kredit macet adalah suatu keadaan dimana pihak nasabah tidak mampu membayar lunas kredit bank tepat pada waktunya. Operasi suatu lembaga keuangan sangat tergantung dari keberhasilan pengolahan portofolio kreditnya, atau dengan kata lain kualitas dari suatu asset terutama kreditnya akan menentukan sampai sejauhmana sebuah lembaga keuangan mampu berkembang, bertahan, atau sebaliknya akan runtuh. Dalam pemberian kredit suatu lembaga keuangan kepada nasabahnya sangatlah ditentukan oleh prasyarat dan kondisi kedua belah pihak, terutama dari pihak lembaga keuangan yang pastinya mempunyai syarat dan ketentuan tersendiri yang harus dipenuhi oleh nasabah calon peminjam kredit. Pihak lembaga keuangan haruslah selektif dalam memberikan kredit kepada nasabah dengan memperhatikan syarat dan ketentuan antara lain; jangka waktu pengembalian, jaminan apabila nasabah tidak dapat

melunasi kredit, serta usaha apa yang akan dilakukan nasabah dalam menggunakan uang pinjaman kredit dari lembaga keuangan tersebut.

Sumber :

https://fgth.uk/