Sejarah sebagai ilmu

By | July 20, 2020

Sejarah sebagai ilmu

Dalam pengertianya, kita mengenal definisi sejarah yang bermacam – macarn, baik yang menyangkut persoalan persoalan. Sejarah sebagai bagian dari ilmu social, sejarah sebagai bagian dari ihnu hurnaniola, lnaupun yang berkernbang di sekitar makna dan hakikat yang terkandung dalam sejarah.

Bury (teggar-t, 1960:36) secara tegas menyatakan history is science no less, and tnore. Sejarah adalah ilmu Pendapat pollard (ismaun, I953:282)menyatakan history is both a science and afi, because it lequire scientific analysis of matrealis and an arlhistic scientist of the result. Sejarah dikategorikan sebagai ilmu karena dalam sejarah pun memiliki batang tubuh keilmuan ( the body of knowledge), metodologi yang spesifik. Sejarahpun memiliki struktur keilmuan tersendiri. Baikdalam fakta, konsep, maupun generalisasiya (bank, 1971:2Il-219; sjamsudin, 1996:7-I9).

  1. Sejarah sebagai cerita

Sejarah sebagai kisah adalah cerita berupa narasi yang disusun berdasarkan pendapat seseorang, rnemori, kesan atau taf’siran manusia terhadap suatu peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Disebut sejarah sebagai subyek yang arlinya sejarah tersebut telah mendapatkan penafsiran dari penyusunan cerita sejarah. Dalam hal ini sejarawan mempunyai peran sebagai “The Man Behind the Gr.m”, artinya mereka menlusun cerita sejarah berdasarkan jejak-jejak sejarah (sejarah sebagai peristiwa) namun tetap dipengaruhi oleh sudut pandang sejarawan itu sendiri.

 

Sumber :

https://multiply.co.id/bagaimana-kabar-program-1000-startup-kini/