Sejarah Sepak Bola

By | July 11, 2020

Sejarah Sepak Bola

Sejarah Sepak Bola

Permainan sepak bola adalah salah satu olah raga yang mendunia. Laki-laki, perempuan, anak-anak bahkan kakek semuanya mencintai sepak bola. Banyak dari mereka berasumsi bahwa awal mula sejarah sepak bola berasal dari inggris, tapi ternyata sejarah mencatat bahwa permainan sepak bola sudah ada sejak 3000 tahun yang silam di berbagai pelosok dunia dalam bentuk yang berbeda-beda. Akan tetapi berbicara sejarah awal mula munculnya sepak bola hingga sampai saat ini masih mengundang perdebatan. Karena ada beberapa document yang menjelaskan permainan sepak bola sudah ada sejak masa romawi dan lain sebagainya. Namun secara resmi awal mula permainan sepak bola lahir dari daratan cina, hal tersebut dinyatakan oleh FIFA sebagai badan sepak bola dunia, yaitu berawal dari permainan masyarakat cina pada abad ke-2 sampai abad ke-3 sebelum masehi, dimana olah raga ini dikenal dengan nama “thu-shu”. Dalam document lain sejarah sepak bola datangnya dari negeri jepang, sejak abad ke-8 masyarakat jepang telah mengenal permainan sepak bola. Dari berbagai pernyataan tentang asal usul sejarah olah raga sepak bola tersebut yang jelas dari dulu hingga sekarang permainan sepak bola dimainkan oleh dua tim, dimana masing-masing tim beranggotakan sebelas orang.

  • 2. PERATURAN UMUM

    Peraturan resmi permainan sepak bola (Laws of the Game) adalah:

    – Peraturan 1: Lapangan sepak bola
    – Peraturan 2: Bola
    – Peraturan 3: Jumlah Pemain
    – Peraturan 4: Peralatan Pemain
    – Peraturan 5: Wasit yang mengatur pertandingan
    – Peraturan 6: Asisten wasit
    – Peraturan 7: Lama Permainan
    – Peraturan 8: Bola Keluar dan di Dalam Lapangan
    – Peraturan 9: Cara Mendapatkan Angka
    – Peraturan 10: Offside
    – Peraturan 11: Pelanggaran
    – Peraturan 12: Tendangan bebas
    – Peraturan 13: Tendangan
    – Peraturan 14: Lemparan dalam
    – Peraturan 15: Tendangan gawang
    Selain peraturan-peraturan di atas internasional , keputusan-keputusan Badan Asosiasi Sepak bola Daerah (IFAB) lainnya turut menambah peraturan dalam sepak bola.





  • 3.TUJUAN PERMAINAN SEPAK BOLA  
    Dua tim yang masing-masing terdiri dari 11 orang bertarung untuk memasukkan sebuah bola bundar ke gawang lawan (“mencetak gol”). Tim yang mencetak lebih banyak gol adalah sang pemenang (biasanya dalam jangka waktu 90 menit, tetapi ada cara lainnya untuk menentukan pemenang jika hasilnya seri). akan diadakan pertambahan waktu 2x 15 menit dan apabila dalam pertambahan waktu hasilnya masih seri akan diadakan adu penalti yang setiap timnya akan diberikan lima kali kesempatan untuk menendang bola ke arah gawang dari titik penalti yang berada di dalam daerah kiper hingga hasilnya bisa ditentukan. Peraturan terpenting dalam mencapai tujuan ini adalah para pemain (kecuali penjaga gawang) tidak boleh menyentuh bola dengan tangan mereka selama masih dalam permainan.

Sumber: https://ironmanfactory.com/