Sifat Hakikat Kebudayaan

By | July 21, 2020

Sifat Hakikat Kebudayaan

Walaupun setiap masyarakat mempunyai kebudayaan yang saling berbeda dengan satu sama lain, setiap kebudayaan mempunyai sifat hakikat yang berlaku umum bagi semua kebudayaan dimanapun juga.

Sifat hakikat kebudayaan ciri seriap kebudayaan, tetapi bila seseorang hendak memahami sifat hakikatnya yang esensial, terlebih dahulu harus merentangkan pertentangan yang ada didalamnya. Didalam pengalaman manusia, kebudayaan bersifat universal.

Akan tetapi, perwujudan kebudayaan mempunyai ciri-ciri khusus yang sesuai denga kondisi dan situasi maupun lokasinya. Sebagaimana diuraikan dalam bab ini, masyarakat dan kebudayaan merupakan dwitunggal yang tak dapat dipisahkan. Hal ini mengakibatkan masyarakat manusia mempunyai kebudayaan atau dengan lain perkataan kebudayaan bersifat universal astribut dari setiap masyarakat didunia ini.

Kebudayaan mengisi serta menentukan jalannya kehidupan manusia, walaupun hal itu penting disadari oleh manusia itu sendiri. Gejala tersebut secara singkat dapat diterangkan dengan penjelasan bahwa walaupun kebudayaan merupakan atribut manusia. Biasanya, namun tak mungkin seseorang mengetahui dan menyakini seluruh unsur kebudayaanya.

Betapa sulitnya bagi seseorang untuk menguasai seluruh unsur kebudayaan yang didukung oleh masyarakat sehingga seolah-olah kebudayaan dapat dipelajari secara terpisah dari manusia menjadi pendukungnya. Jarang dari seorang asal Indonesia untuk mengetahui kebudayaan Indonesia sampai ke unsur-unsur yang sekecil-kecilnya, padahal kebudayaan menentukan arah serta perjalanan hidupnya.

Kepribadian dan Kebudayaan

Sebagaimana diuraikan dalam, penegertian masyarakat menunjukkan pada manusia sedangkan pengertian kebudayaan menunjukkan pada pola-pola perilaku yang khas dari masyarakat tersebut. Masyarakat dan kebudayaan sebenarnya merupakan perwujudan atau abraksi perilaku manusia. Kepribadian mewujudkan perilaku manusia.

Perilaku manusia dapat dibedakan sengan kepribadiannya karena kepribadian merupakan latar belakang perilaku yang ada dalam diri manusia. Kekuatan kepribadian bukanlah terletak pada jawaban atau tanggapan manusia terhadap suatu keadaan. Akan tetapi, justu pada kesiapannya didalam memberikan jawab dan tanggapan.

Sebenarnya keperibadian merupakan organisasi faktor-faktor biologis, psikologis, dan sosiologis yang mendasari perilaku seseorang. Kepribadian mencakup kebiasaan-kebiasaan. Sikap dan sifat lain yang khas dimiliki seseorang yang berkembang apabila orang tadi berhubungan dengan orang lain. Seorang sosiologi terutma akan menaruh perhatiannya pada perwujudan perilaku seseorang yang nyatanya waktu seseorang tersebut berhubungan dengan individu-individu lainnya.

Recent Posts