Suatu Pemahaman Dasar Mengenai Kelompok

By | July 1, 2020

   Suatu Pemahaman Dasar Mengenai Kelompok

          Istilah kelompok diartikan sebagai kumpulan orang yang terdiri dari dua atau lebih dengan tujuan tertentu. Tujuan tersebut dapat berupa agama, filsafat, ekonomi, rekreasi, atau intelektual, atau semuanya. Kelompok merupakan satu unit sosial yang terdiri dari sejumlah individu yang memilki status dan hubungan peranan dengan unit lainnya. Kelompok biasanya mempunyai seperangkat nilai atau norma yang membatasi setiap perilaku anggota kelompok, sekurang-kurangnya ada konsekuensi bagi kelompok.

Kelompok seharusnya dihargai sebagai unit-unit dari manusia yang  mempunyai hubungan yang berguna bagi lainnya untuk saling berbagi hasrat dan kebutuhannya. Sekolah merupakan tempat dimana kelompok-kelompok itu berkumpul. Untuk memaksimalkan kegiatan di sekolah, rekreasi dapat menjembataninya.

  1. Hubungan Pendidikan Rekreasi dan Kelompok Sosial

            Kegiatan pendidikan rekreasi dan kegiatan kelompok sosial mempunyai titik kesamaan. Keduanya sangat peduli dengan penggunaan rekreasi sebagai media untuk memenuhi kebutuhan manusia atau peserta didik. Pada umumnya kegiatan rekreasi di sekolah sering kali melibatkan banyak orang. Untuk itu kegiatannya perlu direncanakan, diorganisasi, diarahkan, dan dikontrol.

  1. Perencanaan

Pada tahap perencanaan, guru menentukan tujuan yang ingin dicapai dari sebuah kegiatan dan membuat skenario kegiatan agar kegitan itu terarahkan. Contoh, pada awal tahun ajaran baru para siswa yang masuk ke SLTP anda umumnya tidak saling mengenal satu sama lain. Disini guru menetapkan tujuan agar para peserta didik dapat berhubungan dan mengenal dengan akrab antara peserta didik guna mempersiapkan suasana belajar. Skenario dibuat dengan urutan perkenalan dan permainan karakter.

  1. Pengorganisasian

Pada tahapan ini,guru mengorganisir dua hal yaitu :

  1. Pada pertemuan pertama guru mengenalkan peserta didik kepada lingkungannya yang terdiri dari tempat, teman baru, dan suasana baru.
  2. Pemberian informasi tentang pelaksanaan pembelajaran di SLTP yang meliputi tujuan, manfaat, mekanisme, dan materi pelajaran.
  1. Pengarahan

Pada tahapan ini, peserta didik diminta untuk membentuk lingkaran. Guru meminta agar peserta didik masing- masing merenung  sejenak. Kemudian peserta didik diminta untuk mencantumkan namanya pada pojok kanan atas kertas yang sudah disediakan. Pada kertas tersebut masing-masing peserta didik menggambarkan suasana hatinya. Gambar yang dibuatnya harus sesuai dengan keadaan yang dirasakan saat sekarang.

Selanjutnya guru mengumpulkan kertas yang sudah digambar tersebut. Peserta didik diminta untuk beralih tempat duduk. Guru secara random (acak) membagikan kertas kembali yang telah digambar oleh peserta didik. Diharuskan kepada semua peserta didik untuk mendapatkan gambar yang dipunyai temannya. Tidak boleh memiliki hasil gambar sendiri.

Tahap berikutnya adalah peserta didik diminta untuk mencari pemilik gambar yang ada padanya. Setelah diperoleh, tanyakan nama, alamat, dan kesukaannya. Bagaimana suasana hatinya saat ini sesuai dengan gambar yang dibuatnya. Selesai berkenalan peserta didik diminta kembali ke tempat duduknya masing-masing. Guru memanggil salah seorang peserta didik untuk memulai mengenalkan teman barunya kepada semua peserta. Sambil bergiliran semua peserta harus mengenalkan teman barunya itu kepada semua peserta. Selesai kegiatan semua peserta sudah dapat saling mengenai satu dengan lainnya.