Syarat-Syarat Ijtihad

By | July 3, 2020

 Syarat-Syarat Ijtihad

  1. a)Berpengetahuan luas tentang Al-Qur’an dan Ulumul-Qur’an (ilmu-ilmu Al-Qu’an) serta segala yang tekait, dalam intelektual maupun spiritual, cerdas dalam masalah hukum
  2. b)Memiliki ilmu yang cukup dalam mengenai ilmu hadis, terutama soal hukum , sejarah , maksud keterkaitan hadis itu dengan nas-nas Al-Qur’an.
  3. c)Menguasai masalah-masalah atau materi dari  pokok yang hukumnya telah sepakati oleh ijmak sahabat dan ulama Salaf (dua generasi setelah para sahabat Rasulallah).

BAB III

PENUTUP

3.1    Kesimpulan

Upaya mewujudkan etika bisnis untuk membangun bisnis yang sesuai dengan al-Qur’an dapat dilakukan beberapa hal, pertama, suatu rekonstruksi kesadaran baru tentang bisnis. Pandangan bahwa etika bisnis sebagai bagian tak terpisahkan atau menyatu merupakan struktur fundamental sebagai perubahan terhadap anggapan dan pemahaman tentang kesadaran sistem bisnis amoral yang telah memasyarakat.

Bisnis dalam al-Qur’an disebut sebagai aktifitas yang bersifat material sekaligus inmaterial. Sehingga suatu bisnis dapat disebut bernilai, apabila kedua tujuannya yaitu pemenuhan kebutuhan material dan spiritual telah dapat terpenuhi secara seimbang. Dengan pandangan kesatuan bisnis dan etika, pemahaman atas prinsip-prinsip etika suatu bisnis bernilai, apabila memenuhi kebutuhan material dan spiritual secara seimbang, tidak mengandung kebatilan, kerusakan, dan kezalima. Akan tetapimengandung nilai kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, pertanggung jawaban, kebenaran, kebajikan, dan kejujuran.

Sumber :

https://callcenters.id/