Khasiat Madu

By | August 7, 2020

Manfaat / Khasiat Madu

Madu baik untuk kesehatan dan kecantikan. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya kosmetik dan obat-obatan yang menggunakan madu sebagai bahan dasarnya. Bahkan madu digunakan sebagai campuran pada beberapa makanan dan minuman.

Madu diperoleh dari madu yang dihasilkan oleh lebah. Madu alami lebih bergizi dibandingkan kemasan yang dicampur dengan bahan lain. Di sisi lain, madu asli lebih kental dari kemasannya.

Madu memiliki rasa manis yang unik karena mengandung fruktosa dan glukosa yang merupakan komponen monosakarida yang lebih baik daripada gula. Madu mengandung kalori gula dan juga dapat menyerap lemak dengan baik, terutama bila dikonsumsi dalam air hangat.

Madu mengandung campuran fruktosa (38,5%) dan glukosa (31%). Selain itu, pembuat lebah ini mengandung sukrosa, maltosa dan karbohidrat kompleks lainnya.

Madu juga mengandung antioksidan seperti chrysin, pinovaxine, vitamin C, katalase dan pinocembrin. Semua faktor ini pasti akan sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Madu telah lama dikenal sebagai makanan yang rasanya manis dan populer. Cairan emas ini juga sangat mudah ditangani. Madu dapat meningkatkan cita rasa makanan dengan mencampurkannya dengan makanan dan minuman.

Tahukah Anda bahwa madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan? Bahkan, beberapa di antaranya dapat mencegah kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tentunya kebanyakan orang tidak memperhatikan manfaat madu, karena kebanyakan makanan enak tidak layak untuk dikonsumsi.

Manisnya madu berbeda dengan gula. Madu adalah sumber umum rasa manis karena mengandung fruktosa monosakarida dan glukosa. Kandungan kalori gula diserap oleh lemak, terutama bila dikonsumsi dalam air hangat.

Mengetahui hal tersebut, madu asli sudah pasti menjadi pilihan yang baik untuk semua orang, termasuk penderita diabetes. Ini bukanlah manfaat utama mengkonsumsi madu bagi kesehatan. Untuk informasi lebih lanjut, lihat 10 manfaat kesehatan berikutnya dari madu asli.

Contoh Beberapa Manfaat Madu

madu

Memperkuat sistem kekebalan

Fakultas Kedokteran di Universitas Cardiff di Inggris sedang melakukan penelitian tentang manfaat madu. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa madu dapat merangsang tubuh untuk memproduksi sel kekebalan.

Ini juga meningkatkan metabolisme tubuh dengan merangsang produksi sel kekebalan. Itu juga beradaptasi dengan baik untuk tubuh dan secara tidak langsung meningkatkan daya tahan.

Selain hasil penelitian tersebut, madu juga berperan dalam melawan bakteri di dalam tubuh. Dengan makan secara teratur, tubuh bisa melawan bakteri lemah. Di saat yang sama, madu tidak hanya memperkuat sistem kekebalan tubuh, tetapi juga melindungi dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Tubuh bisa menjadi sumber energi

Tugas dan aktivitas sehari-hari seringkali melumpuhkan tubuh. Kurang olahraga, seperti kurang olahraga, merupakan penyebab utama terjadinya kelelahan mendadak. Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengkonsumsi madu.

Pati alami merupakan salah satu penyusun utama madu. Kandungan ini menjadi pemborosan energi di tubuh. Madu juga mengandung kalsium, kalium dan zat besi, yang membantu menjaga kekuatan otot dan tulang.

Pengobatan Alami Untuk Pilek

Batuk dan pilek biasa terjadi di Indonesia. Madu bisa digunakan untuk mengobati masuk angin. Karena madu mengandung radikal bebas, maka menjadi kebal dan antibakteri untuk melawan bakteri, virus dan jamur penyebab masuk angin.

Madu juga efektif meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh sebab alami dan memperkuat daya tahan tubuh, sehingga flu dapat meredakan demam dengan cepat. Karena itu, jika Anda batuk atau pilek, pastikan meminumnya untuk mempercepat pengobatan gejala flu ini.

Cara menyembuhkan diabetes

Tidak diragukan lagi bahwa diabetes telah menjadi penyakit dalam masyarakat kita saat ini. Penyebab utama diabetes adalah gaya hidup yang tidak sehat, pola makan yang manis, dan preferensi gula darah yang tinggi. Untuk itulah, pengendalian gula menjadi sangat penting bagi penderita diabetes.

Namun, meski rasanya manis, madu memiliki khasiat antidiabetes. Karena manisnya madu berbeda dengan kemanisannya. Inilah sebabnya mengapa banyak orang menambahkan madu ke dalam makanan dan minuman serta mengubah gula menjadi pemanis.

Kombinasi glukosa dan fruktosa dalam makanan penutup alami ini membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Akibatnya, penyakit diabetes tidak kambuh dan menimbulkan komplikasi berbahaya bagi penderita.

Kaya akan antioksidan yang dapat mencegah kanker

Madu merupakan salah satu sumber pemulung radikal bebas. Diketahui secara luas bahwa antioksidan memainkan peran kunci dalam menyebabkan banyak sel ganas, termasuk kanker, berperan dalam perang tubuh melawan radikal bebas.

Kehadiran radikal bebas memperlambat oksidasi molekul dalam tubuh. Akibatnya, reaksi kimia tubuh yang menghasilkan radikal bebas ditekan, yang mengurangi risiko sel kanker.

Mengurangi timbulnya penyakit kardiovaskular

Manfaat selanjutnya adalah mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Karena makanan manis ini tidak hanya mengandung radikal bebas, tetapi juga mengandung flavonoid yang membantu menjaga kesehatan jantung.

Madu juga bisa mencegah emboli. Hasilnya, peredaran darah menjadi lebih baik dan risiko penyakit kardiovaskular berkurang.