RESEP CILOK BANDUNG KENYAL EMPUK BUMBU KACANG

By | August 14, 2020

RESEP CILOK BANDUNG KENYAL EMPUK BUMBU KACANG

Cilok adalah aci dicolok karena memang enak menyantapnya dengan cara dicolok serta dicocol ke dalam bumbu kacang. Resep membuat cilok yang merupakan variasi kuliner Bandung ini termasuk dalam aneka jajanan populer dengan ciri khas berbentuk bulat-bulat dan bertekstur kenyal-kenyal empuk.

Bakso atau pentol cilok umumnya disajikan dengan sambal bumbu kacang, sedangkan membuat kreasi lanjutannya bisa di beri isi, dibakar ataupun digoreng. Di beberapa daerah seperti di Bengkulu, kuliner ini mirip dengan sate kojek dengan variasi ukuran yang lebih kecil.

Menyempurnakan cara membuat cilok terdahulu, kali ini dibagikan resep cilok dengan adonan dasar sederhana yang memilki tekstur kenyal lebih empuk dan mantap, sehingga bila disajikan dengan beragam saus atau bahkan bermacam isi tentunya akan bisa menjadi lebih spesial.

Kombinasi perbandingan penggunaan tepung aci dengan terigu sebenarnya bisa disesuaikan dengan selera. Perpaduan 50:50 dari pemakain 2 jenis tepung akan menghasilkan cilok yang empuk dan kenyal yang pas, namun bisa mengkreasikan jumlah tepung aci yang lebih banyak untuk menambah empuk dan kekenyalannya sesuai selera, asalkan jangan tepung terigu yang lebih banyak dari tepung aci agar cilok tidak menjadi keras.

Bahan dan bumbu cilok :

125 gram tepung aci (kanji/tapioka)
125 gram tepung terigu
200 ml air panas mendidih
1/2 sdt gula pasir
1/4 sdt merica
1/2 sdt kaldu bubuk
garam secukupnya
2 siung bawang putih, haluskan
2 batang daun bawang, daunnya saja diiris tipis
air untuk merebus secukupnya
Saus bumbu kacang :
100 gram kacang tanah, goreng
7 buah cabe rawit merah
4 sdm gula merah
2 siung bawang putih
1 sdm air asam jawa
200 ml air
garam secukupnya
2 sdm minyak untuk menumis
minyak seperlunya untuk menggoreng
CARA MEMBUAT CILOK BANDUNG KENYAL DAN EMPUK BUMBU KACANG :
Siapkan wadah, masukkan tepung terigu dan irisan daun bawang kemudian tuang air panas yang sudah dicampur dengan bawang putih halus, garam, gula, merica dan kaldu bubuk. Aduk rata lalu masukkan tepung aci sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dibentuk dan tidak lengket.
Bentuk bulat-bulat kecil adonan, rebus dalam air yang sudah mendidih hingga cilok mengapung pertanda cilok sudah matang. Angkat, tiriskan dari air dan cilok siap untuk disajikan dengan bumbu kacang serta tambahkan kecap manis bila suka.
Haluskan bahan-bahan untuk bumbu kacang kemudian tumis dengan sedikit minyak, beri garam secukupnya lalu aduk sampai matang.
Seperti yang telah diuraikan di atas, selain perbandingan 50:50, kita juga dapat membuat cilok yang kenyal empuk dan tidak alot dengan takaran yang berbeda (menambahkan takaran tepung aci/kanji). Selain itu, kita dapat memberi aneka macam isi untuk membuat cilok isi. Kita bisa melihat praktek resep dalam video cara membuat cilok dan cilok isi beserta saus bumbu kacangnya di bawah ini :

Bumbu kacang juga memiliki banyak variasi dan juga termasuk seberapa halus kita mau menghaluskannya serta takaran air yang mempengaruhi sesuai kekentalan yang diinginkan. Untuk menghasilkan saus kacang yang benar-benar halus memang sebaiknya menggunakan ulekan saja, sehingga hasilnya juga menarik untuk jualan.

Sumber: https://sewamobilbali.co.id/